background img
bank bjb
Gencatan Senjata di Rakhine Dimulai Awal Tahun 2019

Gencatan Senjata di Rakhine Dimulai Awal Tahun 2019

MYANMAR - Militer Myanmar mengumumkan gencatan senjata selama empat bulan di wilayah utara negara ini yang akan dimulai sejak awal tahun 2019.

Operasi militer yang sudah dimulai sejak beberapa hari lalu hingga kini akan dihentikan dari satu Januari hingga 30 April 2019.

Keputusan ini diambil akibat gencarnya tekanan publik dunia terhadap pemerintah Myanmar yang mulai melancarkan operasi militer baru di wilayah Rakhine.

Sebelumnya, pemerintah Myanmar menggelar operasi militer terbaru sebagai reaksi atas penyerangan terhadap empat orang warga lokal Buddha dan dua di antaranya tewas di Rakhine.

CNN melaporkan, operasi militer tersebut dilancarkan setelah terjadi kekerasan di dekat anak sungai Pyu Ma di Maungdaw, Rakhine, pada 17 Desember lalu.

Militer menyatakan bahwa insiden tersebut pertama kali muncul setelah mereka menerima laporan bahwa dua pria Buddha di Rakhine tak kembali ke rumahnya setelah melaut.

Pada 25 Agustus 2017, ekstremis Budha yang didukung tentara Myanmar menyerang Muslim Rohingya di Rakhine yang menyebabkan enam ribu orang Rohingya tewas dan delapan ribu lainnya cedera.

Selain itu, sekitar satu juta orang mengungsi untuk menyelamatkan diri, terutama ke Bangladesh.(PH/CNN)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang BUS JAKEL HOLYDAY MINICON1 IKLAN SALES MOTOR