background img
bank bjb
Ledakan Pipa Gas di Meksiko, 66 Tewas

Ledakan Pipa Gas di Meksiko, 66 Tewas

MEXICO CITY  -- Sedikitnya 66 orang tewas setelah pipa minyak meledak di Meksiko, Jumat (18/1) malam. Pihak berwenang juga menyebut 85 orang hilang dan puluhan orang terluka akibat kejadian itu.

Aparat meyakini ledakan itu terjadi setelah pipa saluran minyak diputus oleh para pencuri minyak yang dicurigai di kota Tlahuelilpan, di negara bagian Hidalgo.

Para pejabat mengatakan puluhan orang telah berusaha untuk mengisi kontainer ketika kebakaran terjadi pada Jumat malam.

Rekaman di televisi lokal menunjukkan api besar dan orang-orang di tempat kejadian dengan luka bakar yang parah.

Pencurian bahan bakar, yang dikenal secara lokal sebagai "huachicoleo" (atau minuman keras) merajalela di beberapa komunitas Meksiko.

Pemerintah mengatakan praktik itu merugikan negara sekitar US$ 3 miliar atau Rp 42,24 triliun pada tahun 2018.

Presiden Andrés Manuel López Obrador, yang menjabat pada bulan Desember, telah melancarkan tindakan keras besar-besaran.

Kebijakan ini telah menyebabkan peningkatan ketergantungan pada pengiriman kapal tanker dan ada laporan luas kekurangan bahan bakar dan antrean panjang di pompa bensin di seluruh negeri.

Pemex, perusahaan minyak milik negara Meksiko, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kebakaran itu disebabkan oleh penyadapan ilegal.

Jumlah korban tewas meningkat tajam diumumkan oleh gubernur negara bagian Hidalgo, Omar Fayad, yang sebelumnya memperingatkan jumlah korban bisa meningkat ketika pencarian lebih lanjut dilakukan.

Kantor berita AFP melaporkan bahwa beberapa penduduk setempat di lokasi kebakaran menyalahkan kekurangan untuk tragedi itu.

"Banyak orang datang dengan jerigen mereka, karena kekurangan bensin yang kami alami," kata penduduk Martin Trejo kepada AFP. (AP/Al Jazeera/SP)

Berita Lainnya
IKLAN  BRBES NEBENG IKLAN SALES MOTOR RADIO THOMSON TEGAL BJB IKLAN
PMI gratisa RADIO THOMSON TEGAL amanah umah thomson radio
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS