background img
bank bjb
Negara Brunei Darussalam Berlakukan Syariat Islam

RAJA Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah

Index Kebahagiaan Warga di Brunei Semakin Tinggi / Dimas Madia

Negara Brunei Darussalam Berlakukan Syariat Islam

RAJA Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, menyerukan penegakkan syariat Islam. Ia ingin memberlakukan hukum syariah, termasuk menghukum rajam sampai mati terhadap pelaku seks sesama jenis dan zinah.
 
“Saya ingin melihat ajaran Islam di negara ini tumbuh lebih kuat,” kata Sultan Hassanal Bolkiah dalam pidato publiknya di dekat Ibu Kota Bandar Seri Begawan seperti dikutip dari Straits Times, Rabu (3/4/2019).
 
Namun dalam kesempatan itu, Sultan Hassanal Bolkiah tidak menyebutkan hukum pidana yang baru atau mengumumkan bahwa hukuman rajam tersebut mulai berlaku seperti yang telah diperkirakan secara luas.
 
Sultan mengatakan bahwa Brunei adil dan bahagia dalam menghadapi kritik global yang berkembang terhadap hukuman rajam.
 
“Siapa pun yang datang untuk mengunjungi negara ini akan memiliki pengalaman manis, dan menikmati lingkungan yang aman dan harmonis,” ujar Sultan kepada hadirin di sebuah pusat konvensi, dalam sebuah pidato memperingati Isra Mikraj.
 
 
Hukum rajam di Brunei, bekas jajahan Inggris yang berpenduduk mayoritas Muslim dengan populasi sekitar 400.000, sepenuhnya mulai berlaku setelah bertahun-tahun mengalami penundaan.
 
Undang-undang, yang juga mencakup potong tangan dan kaki untuk pencuri, akan menjadikan Brunei negara pertama di Asia Timur atau Tenggara yang memiliki hukum pidana syariah di tingkat nasional, bergabung dengan sebagian besar negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi.
 
Penegakan syariah itu, berdampak terhadap index kebahagiaan warga brunei semakin tinggi. Disana pula diketahui bahwa berita kekerasan, korupsi, krisis bbm dan listrik, atau krisis ekonomi jarang didengar. Sehingga, mungkin perlu diketahui tentang negara Brunei Darussalam.
 
 
Melalui data dan informasi. Bahwa, Negara Brunei Darussalam memang terkesan terpencil. Padahal negara ini justru dibilang memiliki kualitas ekonomi syariah yang kuat dan stabil yang bisa juga dikatakan sebagai negara impian.
 
1. Negara Bebas Pajak
 
Pernah merasa pusing dengan urusan membayar pajak? Hal ini tidak akan terjadi bagi masyarakat Brunei. Pemerintahan Brunei Darussalam bukanlah negara yang ketat untuk urusan pajak.
 
Negara ini tidak memberlakukan pajak bagi para penduduknya, bahkan untuk para ekspatriat. Jadi semua penduduk Brunei bisa menjalani hari tanpa pusing memikirkan masalah perhitungan pajak.
 
2. Harga BBM Murah
 
Punya kendaraan di negara ini juga bukan hal yang membuat pusing atau repot. Harga BBM dan produk minyak lainnya sangat murah di sini.
 
Minyak adalah pemasukan terbesar negara ini. Brunei Darussalam kaya akan tambang minyak yang membuat negara ini bisa maju tanpa perlu memberlakukan pajak untuk rakyatnya.
 
3. Pemerintahan yang Kuat dan Ekonomi Stabil
 
Brunei dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang bijaksana. Ia berhasil menciptakan pemerintahan yang kuat untuk mempertahankan negaranya. Tidak hanya itu saja, negara ini juga memiliki ekonomi yang stabil untuk memenuhi segala kebutuhan negara dan rakyatnya.
 
Mata uang dollar Brunei memiliki nilai yang sama dengan dollar Singapora. Karena itu tidak ada peraturan mengenai pertukaran dua mata uang ini sehingga uang ini bisa digunakan di dalam Brunei sendiri atau di Singapura.
 
4. Negara Tujuan Para Ekspatriat
 
Brunei Darussalam memang jarang terdengar namanya di media, tapi bukan berarti negara ini sangat asing. Setidaknya 40% orang Brunei sebenarnya justru orang asing yang pada umumnya datang dari UK atau negara Asia lainnya.
 
Pekerjaan yang paling umum untuk ekspatriat di Brunei adalah sebagai guru, pekerja pabrik, pekerja konstruksi, dan di perusahaan minyak.
 
5. Tingkat Kejahatan yang Rendah
 
Kejahatan besar di negara ini sangatlah jarang terjadi. Kalaupun ada kejahatan yang pernah terjadi, umumnya hanya berupa kejahatan-kejahatan kecil saja.
 
Pada tahun 2000-2008, tingkat kejahatan memang sempat meningkat. Karena itulah Sultan kemudian menerapkan hukum Islam di negara tersebut untuk menekan angka kejahatan.
 
6. Gaya Hidup yang Bersih
 
Masyarakat Brunei mencoba untuk mengikuti gaya hidup yang sehat. Minuman beralkohol dilarang di negara ini dan tempat-tempat umum juga selalu bersih.
 
Hal ini dilakukan karena pemerintah memiliki peraturan tegas untuk menjaga agar lingkungan tempat tinggal mereka tetap sehat. Pemerintah juga sangat ketat dalam hal menjaga kebersihan dan keteraturan di negara tersebut.
 
7. Biaya Hidup yang Lebih Murah Daripada Negara Kaya Lainnya
 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, negara ini tidak memberlakukan pajak dan harga BBM-nya juga murah. Karena itulah, penduduk memiliki dana lebih untuk memenuhi kebutuhan dasar dan rekreasi mereka.
 
Harga sewa rumah di negara ini lebih murah daripada di UK. Kebutuhan rutin seperti makanan, tagihan listrik, dan air juga cenderung lebih murah.
 
8. Biaya Pengobatan Gratis
 
Warga negara Brunei memiliki akses gratis untuk fasilitas kesehatan. Masyarakat disediakan asuransi kesehatan yang bisa digunakan untuk melakukan cek kesehatan, diagnosa, dan operasi kecil maupun besar secara gratis.
 
Kalaupun pengobatan tidak bisa ditangani di rumah sakit Brunei, maka pasien akan dibawa ke luar negeri. Tidak berhenti di situ saja, pengobatan tersebut juga tetap dibiayai oleh negara.
 
9. Lingkungan yang Hijau dan Kaya
 
Brunei menjaga keindahan negaranya dengan serius dan mampu menjaga lingkungannya bisa tetap kaya dan sehat. Selain minyak, pariwisata alam juga merupakan salah satu penghasilan besar negara ini.
 
Di negara ini, alam dijaga sehingga pengunjung tetap bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Air yang biru jernih dan hutan hijau yang lebat adalah daya tarik yang begitu disukai para wisatawan.
 
10. Jalan Raya yang Aman dan Tertib
 
Jalan raya di Brunei semua mulus, rapi, dan tertib. Semua akses jalan termasuk jalan tol juga gratis. Hebatnya lagi, semua pengendara mau menghormati penyeberang jalan.
 
Asalkan menyeberang di zebra cross, mobil yang bergerak kencang akan berhenti untuk memberi kesempatan penyeberang jalan agar bisa lewat terlebih dahulu.
 
11. Biaya Pendidikan Gratis dan Tunjangan Bagi Manula
 
Negara ini juga menjamin pendidikan bagi rakyatnya. Biaya pendidikan di Brunei mulai dari TK sampai Universitas gratis dan ditanggung oleh negara.
 
Selain itu, penduduk sipil yang sudah berusia di atas 60 tahun juga akan mendapatkan tunjangan hari tua setiap bulan. Wah, kurang hebat apa lagi, ya?
 
Brunei Darussalam memang memiliki keistimewaannya tersendiri yang membuat negara tersebut menjadi maju dan makmur. 
 
Tentu kita tidak bisa membandingkan Indonesia begitu saja dengan Brunei. Jika ingin Indonesia tumbuh menjadi negara yang makmur, setiap lapisan masyarakat harus mau bekerja sama untuk memajukan negara kita.
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS