background img
bank bjb
AS Memperingatkan Kehadiran Militer Cina di Kutub Utara

AS Memperingatkan Kehadiran Militer Cina di Kutub Utara

Departemen Pertahanan AS (Pentagon) memperingatkan bahwa meningkatnya kegiatan Cina di Kutub Utara dapat mendorong peningkatan kehadiran militer negara itu di kawasan.

Pentagon, seperti dilansir Reuters, Jumat (3/5/2019) menyampaikan hal itu dalam laporan tahunannya kepada Kongres, di mana menyoroti kebijakan resmi Cina di Kutub Utara yang akan diumumkan pada Juni mendatang.

"Beijing bergerak ke arah pengembangan jalur pelayaran di Kutub Utara atau Jalur Sutera Kutub, yang dibangun di atas Inisiatif Satu Sabuk dan Satu Jalan (OBOR) yang diprakarsai oleh Presiden Xi Jinping," kata laporan Pentagon.

Program itu mencakup penelitian dengan tujuan menempatkan kapal selam Cina di Kutub Utara yang bertindak sebagai pencegah terhadap serangan nuklir.

Pentagon mencatat bahwa Denmark telah menyatakan keprihatinan tentang minat Cina terhadap wilayah Greenland untuk membangun stasiun penelitian dan stasiun darat satelit, merenovasi bandara dan memperluas pertambangan.

Cina merupakan negara non-Kutub Utara, namun mereka semakin aktif di wilayah kutub dan menjadi anggota pengamat Dewan Kutub Utara pada 2013. (RM)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Jadiri  tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4