background img
bank bjb 1
WHO Akui Covid-19 Bisa Menular Lewat Udara

WHO Akui Covid-19 Bisa Menular Lewat Udara

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO pada hari Kamis (9/7/2020) secara resmi mengumumkan bahwa Virus Corona baru atau Covid-19 bisa tinggal lama di udara ruangan tertutup, dan menular dari satu orang ke orang lain.

Fars News (10/7/2020) melaporkan, WHO, Kamis (9/7) secara resmi mengumumkan bahwa Covid-19 bisa tinggal di udara ruangan tertutup, sebelumnya WHO menilai kemungkinan penularan Virus Corona melalui udara sangat kecil, dan tidak terlalu signifikan, tapi hasil penelitian terbaru menunjukkan Covid-19 bisa menular lewat udara.

Lebih dari 200 ilmuwan hari Senin (6/7) menyurati WHO dan meminta lembaga dunia itu untuk mengumumkan bahwa Covid-19 bisa menular lewat udara.

Dalam suratnya para ilmuwan menulis, hasil kajian kami dengan pasti menunjukkan bahwa saat bernafas, berbicara dan batuk, melalui droplet dengan kapasitas yang cukup, virus-virus terbang di udara dan menyebar.

Sebelumnya WHO menegaskan bahwa cara penularan Covid-19 adalah melalui droplet berukuran besar yang dikeluarkan saat seseorang bersin atau batuk ke permukaan. Saat itu, WHO membantah bahwa Covid-19 bisa menular melalui udara kecuali dalam kondisi medis khusus.

Pada Kamis (9/7) WHO mengumumkan, kami menerima sejumlah laporan tentang penularan Covid-19 di tempat tertutup baik di restoran, klub malam, tempat ibadah atau tempat kerja. Semuanya adalah tempat yang memungkinkan seseorang berteriak, berbicara atau bernyanyi. Tidak menutup kemungkinan terjadi penyebaran semacam ini, yaitu penularan melalui partikel udara terutama di tempat tertutup penuh pengunjung dengan ruang bernafas terbatas di mana seorang yang positif mungkin saja berada di tengah orang lain selama berjam-jam. Akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap kasus tersebut, dan menguji seberapa pentingnya penelitian itu dalam penyebaran Covid-19. sumber :HS

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN