background img
bank bjb 1
PBB Peringatkan Kondisi Kemanusiaan di Yaman

PBB Peringatkan Kondisi Kemanusiaan di Yaman

Deputi jubir sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menekankan, Yaman masih berada di kondisi kemanusiaan terburuk di dunia.

Menurut laporan televisi Aljazeera, Farhan Haq terkait korban terbaru serangan Saudi ke Yaman mengatakan, "Staf kami di bidang HAM mengatakan selama serangan udara jet tempur Saudi ke Provinsi al-Jawf, sembilan anak terbunuh dan tujuh anak lainnya serta dua perempuan terluka."

Lise Grande, staf kantor Koordinasi bidang Kemanusiaan PBB di Yaman mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban serangan udara Arab Saudi yang merenggut nyawa hampir sepuluh anak Yaman.

Ia menekankan bahwa tanggung jawab utama kedua pihak yang bertikai di Yaman harus berusaha menjaga nyawa warga sipil dan menjamin kebutuhan mendasar mereka. Menurutnya, Yaman masih mengalami krisis kemanusiaan terburuk di dunia dan sekitar 24 juta orang di negara ini membutuhkan salah satu bantuan kemanusiaan.

Media-media di bawah Ansarullah Yaman melaporkan jumlah korban serangan udara koalisi Saudi-Emirat ke Provinsi al-Jawf, di utara Yaman sebanyak 20 orang terbunuh dan di antara jumlah tersebut terdapat anak-anak dan perempuan.

Arab Saudi dengan dukungan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA) dan sejumlah negara lain, melancarkan serangan ke Yaman sejak Maret 2015 dan memblokade total negara ini dari darat, udara dan laut.

Perang yang dikobarkan Arab Saudi beserta sekutunya di Yaman sampai saat ini telah menewaskan lebih dari 16 ribu orang, melukai puluhan ribu lainnya dan memaksa jutaan warga Yaman mengungsi. (MF)

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN