background img
bank bjb 1
PBB Tuntut Diakhirinya Perang di Yaman

PBB Tuntut Diakhirinya Perang di Yaman

Juru bicara sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) seraya menyambut kesepakatan pertukaran tawanan antara pemerintah Sanaa dan pemerintah terguling Yaman, menekankan pentingnya diakhiri perang di negara ini.

FNA menulis, Stéphane Dujarric Senin (28/9/2020) mengatakan, Guterres menyambut kesepakatan yang ditandatangani kedua pihak yang bertikai di Yaman terkait pembebasan segera 1081 tawanan.

Jubir Guterres ini juga meminta pihak-pihak yang bertikai di Yaman bekerja sama dengan Utusan khusus sekjen PBB untuk Yaman, Martin Griffiths dalam mengambil langkah-langkah ekonomi, kemanusiaand an memuli proses politik komprehensif guna mengakhiri perang.

Martin Griffiths hari Ahad (27/9/2020) seraya menjelaskan bahwa pihak-pihak Yaman mencapai kesepakatan untuk membebaskan 1081 tawanan menambahkan, kesepakatan ini menunjukkan potensi suksesnya perundingan.

Pemerintah Yaman yang mengundurkan diri dan yang mendapat dukungan Arab Saudi selama perundingan terbaru dengan pemerintah penyelamatan nasional Yaman meraih kesepakatan terkait pembebasan tawanan dan rencananya perundingan untuk menyempurnakan kesepakatan ini akan digelar bulan Oktober.

Berkas pertukaran tawanan merupakan salah satu isu utama di perundingan Yaman-Yaman di mana upaya di kasus ini senantiasa mengalami kebuntuan akibat sabotase Arab Saudi.

Arab Saudi dengan dukungan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA) dan sejumlah negara lain melancarkan serangan militer ke Yaman sejak Maret 2015 dan memblokade total negara tetangganya ini dari darat, udara dan laut.

Perang yang dikobarkan Arab Saudi beserta sekutunya di Yaman telah menewaskan lebih dari 16 ribu orang, melukai puluhan ribu lainnya dan membuat jutaan orang terlantar. (MF)

Tags

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah