background img
bank bjb
PBB Peringatkan Memburuknya Kondisi Kemanusiaan di Myanmar

PBB Peringatkan Memburuknya Kondisi Kemanusiaan di Myanmar

Penasihat khusus PBB untuk pencegahan genosida mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan soal memburuknya kondisi kemanusian dan hak asasi manusia di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Menurut laporan Fars News, Adama Dieng, penasihat khusus PBB untuk pencegahan genosida hari Rabu (30/11) dalam sebuah pernyataan memperingatkan kondisi keamanan, kemanusiaan dan hak asasi manusia Muslimin di negara bagian Rakhine, utara Myanmar seraya menuntut izin akses wakil-wakil PBB untuk mengkaji kondisi daerah tersebut.

Dalam pernyataan itu disebutkan, dengan alasan serangan terhadap pasukan keamanan di bulan Oktober 2016, militer Myanmar mereaksinya dengan kekerasan dan pelanggaran HAM. Kondisi ini, khususnya terkait dengan Muslimin Rohingya, mencakup penyiksaan, pemerkosaan dan perusakan properti keagamaan mereka.

Dieng juga menyatakan bahwa masalah-masalah seperti ini harus segera dibahas. Bila kondisi yang dilaporkan benar, maka kehidupan ribuan orang dalam bahaya.

Penasihat khusus PBB untuk pencegahan genosida ini juga menegaskan pembatasan yang diterapkan di Rakhine telah mengurangi penyelidikan yang benar terkait tuduhan, sehingga menyebabkan munculnya prasangka buruk, tapi pemerintah Myanmar menolak segala tuduhan ini dengan tidak memberikan akses ke daerah konflik. (HS)

Berita Lainnya
HSN KOTA TEGAL iklan umroh radio  thomson PDAM Kota Bdg
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor