background img
Leaderboard BJB 2018
Parade Militer Digelar Jelang KTT Liga Arab

Parade Militer Digelar Jelang KTT Liga Arab

DAMMAM, ARAB SAUDI - Angkatan Bersenjata Arab Saudi, Turki, Mesir, Pakistan, Afghanistan, dan sejumlah negara yang telah menyelesaikan latihan militer bersama pertama "Perisai Teluk" menggelar parade militer di luar Kota Dammam, Sabtu (14/4).

Parade militer yang melibatkan kontingen pasukan peserta "Gulf Shield Joint Exercise I" yang resmi ditutup pada 7 April itu, digelar sehari menjelang penyelenggaraan KTT ke-29 Liga Arab, di gedung King Abdulaziz International Cultural Center, Dhahran, Dammam.

Sebelum parade militer yang diisi dengan defile pasukan dan unjuk alat utama sistem persenjataan (alutsista) matra darat dan udara yang dilibatkan dalam program latihan militer yang diikuti 24 negara itu, dilakukan atraksi dan simulasi serangan militer.

Berulang kali terdengar dentuman yang memecah keheningan padang pasir tempat berlangsung simulasi serangan militer yang melibatkan matra darat, laut, dan udara di daerah Madain Samat berjarak sekitar satu setengah jam berkendara dari Dammam itu.

Asap hitam membubung ke angkasa padang pasir yang berada di tepian pantai laut biru tatkala serangan dilakukan pasukan infanteri dari tepian pantai dan kendaraan-kendaraan tempur taktis.

Simulasi serangan militer yang menjadi bagian dari rangkaian acara parade militer Angkatan Bersenjata Arab Saudi dan belasan negara peserta latihan militer "Perisai Teluk" pertama tersebut, menyita perhatian puluhan jurnalis mancanegara.

Gemuruh suara dua jet tempur yang terbang cepat diikuti dengan manuver tiga unit helikopter serbu "Apache" dan dua unit helikopter angkut pasukan mewarnai simulasi serangan terhadap sejumlah bangunan buatan di lokasi acara.

Puluhan jurnalis Arab Saudi dan mancanegara mengabadikan rangkaian acara parade militer yang diawali dengan atraksi kecakapan militer dalam simulasi serangan darat, laut, dan udara tersebut dengan kamera untuk mendukung peliputan media mereka.

Seusai digelar parade yang turut dimeriahkan dengan atraksi udara jet tempur dan terjun payung prajurit negara peserta, Juru Bicara Angkatan Bersenjata Arab Saudi Brigadir Abdullah Hussein Al Sobaei menggelar konferensi pers.

Al Sobaei mengatakan latihan yang diikuti kontingen pasukan dari 24 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Malaysia dari 27 Maret hingga 7 April 2018 itu dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas dan kesiapan tempur matra darat, laut, dan udara.

Dia mengatakan pelajaran dari pengalaman latihan bersama ini tidak hanya terkait dengan kesiapan tempur pasukan multinasional dalam merespons ancaman dan tantangan regional, seperti terorisme, tetapi juga mewujudkan standardisasi keyakinan militer.

Latihan militer bersama pertama "Perisai Teluk" yang dilangsungkan di kawasan sektor komando timur Arab Saudi itu meliputi apa yang disebut latihan simulasi (CPX) dan lapangan (FTX), katanya pula.

Melalui latihan bersama ini, kata Al Sobaei, operasi bersama pasukan koalisi untuk menjawab berbagai ancaman dan tantangan keamanan di kawasan diharapkan dapat dilakukan secara terpadu dan terintegrasi.

"Semua upaya ini akan tercermin dalam peningkatan keamanan untuk negara-negara di kawasan Teluk," katanya.

Sumber : Antara/Rol

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng