background img
bank bjb
Stabilitaskan Harga, Kementan Melaunching Gelar Telur Murah

Stabilitaskan Harga, Kementan Melaunching Gelar Telur Murah

JAKARTA -  (sinarpaginews.com) - Menjelang natal 2018 dan tahun baru 2019, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menggelar 'Launching Gelar Telur Murah' bersama Forum Peternak Layer Nasional (FPLN)

Pada gelaran acara tersebut, Ketua BKP Kementan Agung Hendriadi secara simbolik melepas tujuh armada mobil pengangkut telur sebanyak 8 ton.

"Gelar pangan murah ini, khususnya telur ayam, seperti dalam 1-2 minggu terakhir telur naik di tingkat konsumen. Nah mari kita bersama-sama kita kendalikan harga telur dengan menebar telur ke pasar yang harganya tinggi saja," ujar Agung di Toko Tani Indonesia (TTI), Kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (15/12).

Dalam sambutannya Agung menjelaskan, Untuk mengantisipasi hal tersebut, berbagai upaya dan langkah strategis telah dilakukan Pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Pertanian telah meningkatkan produksi pangan, sehingga ketersediaan dan stok pangan tercukupi.

Agung menambahkan, Khusus komoditas Telur Ayam Ras yang akhir-akhir ini mengalami tren kenaikan harga, karena beberapa hal, antara lain faktor kenaikan konsumsi masyarakat memperoleh telur untuk membuat kue, makanan dan sebagainya, khususnya menyambut natal dan tahun baru, serta adanya kenaikan pakan ternak di tingkat peternakan.

"Berdasarkan pantauan harga telur di beberapa lokasi pasar di Jabodetabek sudah mencapai Rp 25000-27000 per kg jauh diatas Harga Acuan Pemerintah (HAP) sebagaimana tertuang daIam Permendag No 96 Tahun 2018 untuk harga telur ayam ras di tingkat konsumen Rp 23.000/kg," Pungkas Agung.

Lebih lanjut, BKP Kementan memastikan bahwa harga komoditas lain (selain telur) akan tetap stabil meskipun menjelang Natal dan Tahun Baru."Nah, komoditas lain dipastikan aman. Seperti bawang, cabe, daging ayam, daging sapi, beras, situasinya aman menjelang Natal dan Tahun Baru," ujar Agung.

Berikut tujuh titik pasar yang menjadi sasaran BKP Kementan: Pasar Grogol, Pasar Keramat Jati, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Cijantung, Pasar Tebet Barat, Pasar Pademangan Timur, dan Pasar Jatinegara. (rul)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng