background img
bank bjb
Pemprov Papua Segera Bersinergi Dengan Pusat

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua, John Nahumury

Pemprov Papua Segera Bersinergi Dengan Pusat

PAPUA -- Pemerintah Provinsi Papua segera bersinergi dengan pemerintah pusat mengenai penyediaan benih pangan lokal yang rencananya disebar pada lima klaster. Hasil benih ini diharapkan mampu menyediakan pangan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di lima klaster.

“Paling tidak dari hasil sinergi ini kita ingin tanyakan peranan pusat dalam tahun anggaran ini, mereka bisa membantu dalam hal apa untuk menyukseskan PON XX 2020 dalam hal penyediaan pangan.”

“Sehingga melalui kolaborasi ini, kita harap penyediaan pangan saat PON bisa terpenuhi,” terang Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua John Nahumury, di Jayapura, kemarin.

Ia katakan, untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX 2020 di bumi cenderawasih, Dinas Perkebunan bakal menyebar benih pangan lokal di lima klaster penyelenggaraan iven empat tahunan itu.

Penyediaan benih unggul pangan lokal bermutu tinggi ini, selain diharapkan menjadi produk yang bakal dikonsumsi oleh para atlet saat pagelaran PON 2020, tetapi diharapkan menjadi oleh-oleh bagi para atlet maupun official yang hendak kembali ke daerahnya masing-masing.

“Sebab yang utama dari penyebaran benih ini adalah untuk memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan petani perkebunan,” terang ia.

Diketahui, bantuan benih yang disebar di lima klaster tersebut nantinya diserahkan kepada kelompok masyarakat. Benih tersebut diantaranya sagu, ubi, kopi dan kakao yang diharapkan diolah untuk perhelatan PON XX pada 2020.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam satu kesempatan terus mengingatkan instansi terkait segera memastikan produk-produk yang akan dibuat menjadi makanan dan minuman serta oleh-oleh peserta PON XX tahun 2020.(spn/hum)

Pihaknya pun mengimbau pemerintah kabupaten dan kota se-Papua, agar dapat membuat produk-produk turunan dari komoditas perkebunan asal Papua seperti kopi, kelapa, kakao dan sagu untuk PON XX tahun 2020.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS