background img
bank bjb
Gubernur Kalbar Serahkan Surat Keputusan Pelaksana Harian Bupati

Gubernur Kalbar Serahkan Surat Keputusan Pelaksana Harian Bupati

PONTIANAK, Seiring masa jabatan Bupati Kabupaten Sanggau yang segera berakhir, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji menyerahkan Radiogram dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No T. 131.01/7.18/OTDA tentang pengangkatan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Sanggau. Penyerahan tersebut yang diterima langsung oleh Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau AL Leysandri yang disaksikan oleh PJ Sekda dan Assiten I ( Asisten administrasi pemerintahan dan kesejahteraan rakyat) Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Jabatan Bupati Sanggau itu akan berakhir tanggal 5 februari 2019, hari ini kita serahkan Radiogram ke Sekda,” ungkap Gubernur Kalbar H.

Sutarmidji di Rumah Dinas Gubernur jalan A.yani pada hari senin (4/2). Rencananya pelatikan Plh Bupati Kabupaten Sanggau itu akan dilantik dalam waktu dekat oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, namun pelantikan itu akan ditunda seiring adanya aturan kementerian dalam negeri yang menjelaskan jika terjadinya kekosongan kepala daerah ada dua daerah. Maka pelantikan tersebut akan dilantik secara serentak.

“Saya rencana mau lantik tanggal 6 februari 2019, tapi ada ketentuan dari kemendagribahwa apabila dalam satu bulan itu ada dua kepala daerah yang berakhir bersama, maka pelantikannya harus bersamaan mengambil yang paling tua tanggalnya. Karena Kabupaten Kubu Raya tanggal 17 februari dilantik, maka Plh. Bupati Sanggau juga dilantik tanggal 17 februari juga,” tuturnya.

Maka dari itu, untuk mengisi kekosongan kepala daerah selama 12 hari di kabupaten Sanggau, dan dirinya juga menunjuk seketaris daerah (Sekda) kabupaten sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Sanggau.

“Pelaksana Harian (Plh) bisa menjalankan tugas-tugas sebagai bupati secara baik sampai tanggal itu (17 februari_red). Jadi bukan Penjabat (PJ) tapi Pelaksana Harian (Plh),” tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Sanggau AL Leysandri mengatakan, dirinya akan menjalankan sebaik mungkin sebagai Pelaksana Harian (Plh) bupati hingga pelantikan definitif oleh Gubernur Kalbar.

“Kita ikuti kegiatan yang sudah terjadwal, kita seperti LKPJ kita hari ini harus ikuti dimana masa jabatan bapak Paulus Hadi dan bapak Yohanes Ontot yang berakhir, kita ikuti saja,” ujarnya.

Lanjut AL Leysandri, ia tidak akan merubah atau pergantian kepala dinas di lingkungan jajaran Pemerintah Kabupaten Sanggau. Sedangkan perencanaan pelantikan kepala daerah kabupaten kubu raya dan sanggau, pemerintah provinsi kalbar saat masih masih mencari lokasi yang cukup luas dan besar. (spn/hms)

 


Oleh: (Rinto, S.Sos.)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah COLUMBUS IKLAN SALES MOTOR