background img
bank bjb
Sinergi World Bank Kemenristek Dukung Perbaikan Kerangka Kebijakan Inovasi  Dan Revatilasasi LPNK

Sinergi World Bank Kemenristek Dukung Perbaikan Kerangka Kebijakan Inovasi Dan Revatilasasi LPNK

Jakarta, - RISET Pro (Research and Innovation in Science and Technology Project) mempakan program Kemenristekdikti yang diawali pada tahun 2013 berdasarkan Loan IBRO No. 8245-1D. Salah satu komponen RISET Pro yaitu Komponen 1 bertugas untuk memperbajki kerangka kebijakan inovasi dan revitalisasi lembaga penelitian di LPNK Empal LPNK di bawah koordinasi Kemenristekdikti sebagai penerima manfaat dari kegiatan RISET Pro ini adalah BPPT, BATAN, LIPI dan LAPAN.

“Kajian Riset pro yang sudah menghasilkan rekomendasi sejak tahun 2016 hingga tahun 2018, diharapkan dapat segera riil diimplementasikan pada tahun 2019. Keberlanjutan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan dan program untuk tahun 2020 hingga tahun-tahun berikutnya sehingga membawa dampak yang positif bagi penguatan ildim inovasi di Indonesia,” Ungkap Plt. Direktur Kawasan Sains, Teknologi dan Lembaga Penunjang Laimya Kemenristekdikti, di Jakarta, Kamis (25/04/2019).

Setelah tiga tahun pelaksanaannya, pada tahun 2016 RISET-Pro telah melaksanakan kegiatan Mid Term Review (MTR) yang menghasilkan restrukturisasi kegiatan mtuk peningkatan efektivitas capaian proyek. Dilanjutkan pada tahun 2017, kegiatan RISET Pro Komponen 1 ditekankan pada: 1) Technology Foresight Pertanian dan Pengembagan SDM pada Agra Preession Technology, 2) Pengembangan dan Validasi Model STP Pertanian; 3) Nonna, Standard, Prosedur dan Kriteria (N SPK) Kebijakan 'ITO dan Cetak Biru Teknologi Impor; 4) Struktur Kelembagaan Fungsi TTO dan Desiminasi, serta Penyelarasan TTO dalam LPNK; 5) Empat teknologi terpilih LPNK yang siap dihilirisasi.

Selaras dengan program RISET Pro Komponen l pada tahm 2017, tahun 2018 dipertajam dengan kegiatan : 1) Pendampingan adopsi model penguatan Kawasan Sains dan Teknologi (KST) pertanian sebagai tindak lanjut kegiatan tahun 2017, 2) Mendorong adopsi rekomendasi kelembagaan struktural Technology Transfer Office (TTO) maupun draft NSPK serta implementasi rencana pengembangan Kelembagaan di 4 (empat) LPNK agar TTO dapat berfungsi sebagai lokomotif reformasi pengelolaan LPNK, dan 3) Pendampingan pelaksanaan hjlirisasi dengan menggunakan model cradle to grave dengan titik berat pada interaksi antara TTO dan calon pengguna invensi, dimana selanj utnya terdapat diseminasi terhadap pembelaj aran proses hilirisasi di LPNK

Paparan tersebut akan disampaikan pada Kick Of Meeting RISET Pro Komponen 1 Tahun 2019. Kegi atan ini dilakukan sebagai bentuk penyampaian penanggmgj awaban atas kegi atan tahun 2018 dan sekaligus persiapan kegiatan tahun 2019. Kick off Meeting RISET Pro Komponen 1 ditujukan untuk dapat mensinergikan kegiatan yang difokuskan pada: 1) Penguatan Pengembangan Klaster Industri Unggulan Kawasan Sains dan Teknologi (KST), 2) Advokasi dan Sosialisasi Regulasi Alih Telcnologi Komersial dalam wujud Standard Operasional Prosedur (SOP) dan Pedoman Umum ke Unit Kelja Alih teknologi Teknologi d1 LPNK, 3) Monitoring dan Evaluasi dalam rangka penyempurnaan Model Komersialiasi Teknologi di LPNK

“Kick Off Meeting RISET Pro Komponen 1 Tahtm 2019”, dilaksanakan selama l (satu) hari, pada hari Kamis, 25 April 2019 benempat di Hotel Century Park, Jakarta. Pembicara yang akan hadir adalah : Patdono Suwignjo -Plt. Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK & Dikti Kemenristekdikti, Ali Gufron Mukti Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kama] Prihatman Plt. Direktur Kawasan Sains, Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristekdikti, Dedy Saputra Kasubdit. Lembaga Organisasi Profesi dan seluruh Konsultan Riset Pro Komponen 1 yaitu Jangkung Rahardjo Direktur Bandung Techno Park, Edyatno Guru Besar di Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Yales Vivadinar Managing Director PetroRaya Consulting dan Iwan Iwut Tritasmoro -Asosiasi lnkubator bisnis Indonesia.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS