background img
bank bjb
Sedikitnya ada 38.978 Orang Yang Sulit Bekerja di Kabupaten Sumedang

Sedikitnya ada 38.978 Orang Yang Sulit Bekerja di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, - Pada 2018, terdapat sebanyak 38.978 orang pengangguran di Sumedang. Jumlah ini dalam dunia ketenagakerjaan disebut juga  sebagai pengangguran terbuka, yaitu angkatan kerja yang sama sekali tidak mempunyai pekerjaan.

Pengangguran ini terjadi karena angkatan kerja tersebut belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal atau dikarenakan faktor malas mencari pekerjaan atau malas bekerja. Pengangguran terbuka berbeda dengan angkatan kerja. Nah, jumlah angkatan kerja di Sumedang adalah 544.805 orang. Maka, tingkat pengangguran terbuka di Sumedang adalah 7,15 persen. Dari kondisi ini, maka ada sebanyak 38 ribuan orang yang sangat sulit bekerja.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dikdik Sadikin, kondisi ini  lebih baik dibanding tahun sebelumnya.. “Pengangguran terbuka setiap tahun berkurang melalui berbagai program yang kesemuanyadibidik untuk untuk mengatasi pengangguran terbuka,” kata Dikdik, Rabu (15/5/2019).

Dinas Tenaga kerja juga melaporkan terdapat 12004 orang pencari kerja yang terdaftar dan 2433 orang pencari kerja yang ditempatkan serta 20 orang pencari kerja terdaftar yang ditempatkan.  “Jika dilihat data, hasil program belum terlalu memuaskan karena jumlah pencari kerja yang ditempatkan masih sedikit dibanding angkatan kerja yang ada,” kata Dikdik.

Tahun ini dan tahun 2018 lalu, masalah ketenagakerjaan diatasi diantaranya dengan program One VIlage One Product, gerakan wirausaha muda, dan berbagai pelatihan serta pelayanan ketenagakerjaan.(spn/hms)


Berita Terkait
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS