background img
bank bjb
Wali Kota Bandung  menerima Tim Verifikasi Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

Wali Kota Bandung menerima Tim Verifikasi Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

BANDUNG, - Wali Kota Bandung Oded M. Danial menerima Tim Verifikasi Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia di Pendopo Kota Bandung, Jumat (24/5/2019). Verifikasi tersebut dilakukan kepada Wali Kota Bandung sebagai salah satu kandidat yang akan diberi penghargaan sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia oleh Kementerian Sosial RI.

Hal tersebut didasarkan pada gagasan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung dalam memberikan pelayanan khusus bagi para lansia. Gagasan tersebut diapresiasi oleh tim verifikasi yang dipimpin oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial RI, Andi Hanindito.

“Kita punya kepedulian kepada lansia. Semangatnya adalah arahan Allah dalam Alquran bahwa kita harus takrim, yaitu memuliakan orang tua. Dari situlah kita mencoba membuat sebuah program kegiatan,” tutur Oded.

Kota Bandung menjadi satu-satunya kota yang memiliki bidang khusus pelayanan perlindungan dan pemenuhan hak lansia di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung. Hal ini membuat Kementerian Sosial tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program tersebut.

“Lansia Kota Bandung langsung ditangani oleh satu bidang. Se-Indonesia baru Kota Bandung, ada satu bidang di DP3APM itu mengurus lansia. Itu yang mereka tertarik. Namanya Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia,” jelasnya.

Bidang tersebut menjalankan Rencana Aksi Daerah (RAD) yang terdiri dari 79 aksi yang dilaksanakan oleh 34 instansi di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Aksi tersebut didasarkan pada 15 kriteria yang tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Ramah Lanjut Usia.

Beberapa kegiatan bidang ini antara lain olahraga, kajian rohani, hingga tamasya. Sebanyak 2.000 relawan Sahabat Lansia yang tersebar merata di 30 kecamatan juga siap menemani para lansia.

“Manusia kan tidak bisa lepas dari tiga unsur kehidupannya. Dari unsur jasadiahnya, kita mencoba memelihara kesehatan mereka dengan setiap Kamis olahraga, ada senam tiap hari Kamis. Unsur aqliahnya, ada ESQ. Untuk rohaniahnya ada pengajian rutin di tiap kecamatan,” sebut Oded.

Kegiatan-kegiatan tersebut untuk 229.799 orang lansia di Kota Bandung atau 9.6% dari jumlah penduduk kota. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup di Kota Bandung pada tahun 2017 yang mencapai 73,86 tahun.





Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS