background img
bank bjb
Pemerintah Kabupaten Garut Kembali Raih Prestasi WTP Ke Empat Kalinya

Pemerintah Kabupaten Garut Kembali Raih Prestasi WTP Ke Empat Kalinya

GARUT, -- Pemerintah Daerah Kabupaten Garut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ini adalah opini WTP ke Empat kalinya.

Prestasi WTP tersebut merupakan hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 yang diterima langsung oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan dari Kepala BPK Provinsi Jawa Barat Arman Syifa di kantor perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Barat Jalan. Moch Toha No.164 Bandung, Senin, (27/05/2019).

Kepala BPK Provinsi Jawa Barat Arman Syifa mengatakan, Predikat WTP ini dikeluarkan atas Laporan Keuangan Kabupaten Garut Pada Tahun Anggaran 2018,

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Garut Tahun Anggaran 2018. BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018,” kata Arman.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, WTP merupakan pendapat profesional dari BPK RI melalui mekanisme pemeriksaan yang ketat dan terperinci dengan teliti.

”Dari hasil pemeriksaan itu, BPK kembali berpendapat bahwa LKPD Pemkab Garut tahun 2018 dianggap wajar sesuai aturan dan perundang–undangan,” kata Bupati Garut, Selasa (28/05/2019).

Bupati menambahkan, meski demikian dalam WTP juga bukan berarti tanpa pengecualian, terbukti diuraikan hasil uji petik ada beberapa program kegiatan yang dianggap merugikan keuangan negara yang wajib dikembalikan selambat–lambatnya 60 hari ke depan.

”Untuk itu selaku Bupati, Saya meminta kepada pihak ketiga segera mengembalikan kerugian negara 60 hari ke depan, apabila tidak mau berurusan dengan ketentuan hukum yang berlaku di negara kita," ancam Bupati Rudy Gunawan.

Kedepan lanjut Bupati Rudy, pihaknya akan mengevaluasi pengendalian di internal yang dilakukan oleh para Pengguna Anggaran (PA), dan bagi masyarakat yang ingin mengakses LHP, BPK dan LKPD Garut bisa langsung karena bersifat terbuka, sehingga masyarakat bisa membantu dalam pengawasan kinerja pemerintahan kabupaten Garut.

”LHP ini bersifat terbuka dan siapapun bisa mengakses LHP BPK dan LKPD tahun 2018," ujarnya.

Sementara, Sekda kabupaten Garut Deni Suherlan, sangat mengapresiasi atas prestasi WTP hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018.

"Ini merupakan wujud nyata bahwa Pemerintah Kabupaten Garut betul-betul bekerja sesuai aturan tupoksi yang sudah ditetapakan di masing-masing SPKD," kata Deni.

Deni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sama-sama menjalin hubungan baik, sehingga membawa kabupaten Garut meraih kembali prestasi WTP sampai empat kali.

"Semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi diberbagai aspek pekerjaan," pungkasnya.(spn/hms)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Jadiri  tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4