background img
bank bjb
Disdukcapil Kabupaten Garut Terus Tingkatkan Pelayanan Adminduk

Disdukcapil Kabupaten Garut Terus Tingkatkan Pelayanan Adminduk

GARUT, - Dalam upaya mewujudkan pelayanan prima terhadap Masyarakat tentunya banyak faktor yang harus dipersiapkan dan terus ditingkatkan, akan tetapi tidak sedikit kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih sering dikeluhkan oleh masyarakat, Perintah Kabupaten Garut melalui Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil terus berupaya melakukan yang terbaik dalam pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Garut.

Akan tetapi kendala masih ada dalam pelaksanaannya, diantaranya untuk penerbitan E-KTP yang sering dikeluhkan masyarakat dan tentunya beban itu menjadi Tanggung Jawab Disdukcapil.

Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tedy Sutandi K menyampaikan bahwa Prosedur pengadaan dan dropping untuk Blangko KTP-El adalah Kewenangan Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI) melalui Direktur Jendral Administrasi Kependudukan (ADMINDUK).

Adapun prosedurnya Disdukcapil kab/kota mengajukan permohonan sesuai kebutuhan dan setelah ada dijemput langsung ke DIrektorat Adminduk dan pencapil Kementerian Dalam Negeri.

Akan tetapi dropping blanko KTP-E ke kabupaten/kota sering tidak sesuai dengan kebutuhan yang diajukan, sebagai contoh misalnya dropping blanko mendapat 2000 lalu didistribusi ke 42 kecamatan jika dibagi rata masing kecamatan mendapat bagian 40 sisanya untuk pelayanan di Dinas.

"Pada saat sebelum Pilpres dan Pilleg Disdukcapil pernah mendapat jatah dropping 40.000 keping dan ini digunakan untuk percepatan pencetakan PRR, disetiap kecamatan. Yang berjumlah 106.000, sisanya dibantu dengan percetakan di pusat," jelas Tedy, Kamis (13/06/2019).



Lebih lanjut Tedy menyanpaikan, Dinas kependudukan dan pencatatan Kabupaten Garut telah menempatkan alat rekam dan alat cetak KTP el di 42 kecamatan, yang artinya Pemohon tidak harus datang ke Disdukcapil untuk memperoleh KTP el, Sepanjang blanko tersedia. Untuk masalah jaringan yang sebelumnya sering dikeluhkan sangat lambat, sudah terkendali dengan dukungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO).

"Sementara itu untuk pencetakan dan penandatanganan kartu keluarga yang awalnya tanda tangan basah sekarang sudah diganti dengan tanda tangan elektrik /TTE. Karena itu pemohon tidak harus pergi ke disdukcapil, dan untuk TTE hanya memerlukan waktu dalam hitungan jam. Jadi pelayanan KK bisa selesai satu hari," terangnya.

Dalam layanan perbaikan Data/Update data, Seperti penambahan anggota keluarga, perubahan data keluarga karena Kematian, Kelahiran, Perpindahan, Perceraian, atau pun pembuatan KK baru juga bisa dilaksanakan di kecamatan dengan layanan chating operator kecamatan dengan operator di disdukcapil, pemohon tinggal membawa data ke pelayanan kecamatan dan menyampaikan data yang akan di update, petugas kecamatan mengirm data ke operator disdukcapil lalu di update dan hasilnya dikirim balik ke kecamatan dan data siap dicetak.

"Tetapi ada beberapa perbaikan data/update memang harus dilaksanakan di disdukcapil seperti, duplicate record, data ganda. Yang data tersebut harus melalui penghapusan di pusat, dan kami membuka layanan update di disdukcapil, selesai satu hari dan data bisa update dalam1 x 24 jam," imbuh Sekretaris Disdukcapil.

Sekdis Dukcapil kembali menambahkan, pelayanan penerbitan akta kelahiran sepanjang data lengkap selesai dalam hitungan jam.  Selain itu Bentuk pelayanan publik jemput bola dilaksanakan ke tiap kecamatan untuk pencetakan/penerbitan akte kelahiran dan langsung selesai pada hari itu juga. Pelayanan jemput bola juga dilakukan dalam bentuk rekam pemula dengan jemput bola ke beberapa Sekolah Menengah Atas dan beberapa perguruan tinggi yang ada di Garut.

"Bahkan untuk pelayanan publik selama libur pun tetap dilaksanakan, bahkan selama libur cuti lebaran kita buka Posko di Pendopo untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk pencetakan KIA Kartu Identitas Anak, Akte kelahiran dan KTP el selama persediaan blanko tersedia, untuk pelayanan pengaduan masyarakat Disdukcapil selain di Counter  pelayana di Disdukcapil, bisa melaui website disdukcapil.garutkab.go.id, e lapor. Layanan Wa 081222484288, dan bahkan kami masuk ke Facebook gossip garut dan kami langsung memproses pengaduan tentang KTP itu," ujarnya.

Perlu diketahui lanjut Tedy, Pada bulan maret 2019 disdukcapil mendapat dropping sekitar 20000 dan distribusi ke 42 kecamatan sesuai kebutuhan ada beberapa kecamatan yang mendapat distribusi sampai 1000 keping bahkan untuk kecamatan dengan jumlah penduduk besar mendapat 2000. Sampel BA untuk kecamatan terlampir. Dropping terakhir pada bulan mei sebanyak 500 dan hanya cukup untuk pelayan di disdukcapil. Artinya kami sampaikan bahwa distribusui ke tiap kecamatan sesuai dengan jumlah droping dari pusat.

"Sejak pertengahan Mei disemua kecamatan termasuk di Disdukcapil tidak bisa melakukan pencetakan, kecuali beberapa kecamatan yang masih memilki sisa dari dropping sebelumnya, jadi tidak benar kami mempersulit distribusi blanko," pungkasnya.(spn/hm)



Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS