background img
bank bjb
Bupati Garut Ingatkan Pentingnya Pengawasan Obat dan Makanan

Bupati Garut Ingatkan Pentingnya Pengawasan Obat dan Makanan

GARUT, -- Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Garut menggelar Sosialisasi Pengawasan Obat dan Makanan Tahun Anggaran 2019 bertempat di Aula Fave Hotel, Rabu (26/06/2019).

Hadiri dalam kegiatan tersebut Bupati Garut H Rudy Gunawan, Asda 1 Didit Fajar P, Kepala Dinas Kesehatan Maskut, Narasumber direktur sikronisasi urusan pemerintah III Direktorat Jendral bina pembangunan daerah Kemendagri Edward Sigalinging, Kepala balai besar pengawas obat dan makanan provinsi Jawa Barat I Gusti Ngurah Bagus Kusuma, para Camat dan Kepala Puskesmas se – kabupaten Garut.

Dalam sambutannya Bupati Garut H Rudy Gunawan menyambut baik sosialisasi pengawasan Obat dan makanan yang diselenggarakan saat ini, pengawasan makanan penting karena itu diatur oleh undang–undang.

”Salah satu pilar ketahanan pangan adalah keamanan pangan yang dikonsumsi oleh warga masyarakat,” kata Bupati Garut.

Bupati mengingatkan, pentingnya pengawasan makanan yang tersebar di daerah terutama jajanan anak–anak di sekolah yang terindikasi banyak mengandung zat–zat yang membahayakan bagi tubuh di kemudian hari.

”Untuk itu saya meminta kepada Puskesmas–puskesmas untuk menyediakan alat test makanan yang harga nya cukup murah namun mendapatkan hasil test yang cepat dan akurat”, ujar Bupati Rudy.

Rudy Berharap, dengan adanya lembaga Pengawasan Obat dan Makanan di kabupaten Garut berdampak bagi peningkatkan kesehatan masyarakat Garut, serta mampu menghindari generasi muda Garut mengkonsumsi makanan–makanan yang mengandung elemen Negatif bagi pertumbuhannya.

”Mohon Jangan dianggap sepele bagaimana pentingnya asumsi makanan sehat bagi masyarakat Garut sebagai perlindungan Pemkab Garut kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Maskud menyampaikan, kegiatan ini mengacu kepada Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bahwa pemerintah daerah memiliki tanggung jawab dalam hal pengawasan Obat dan Makanan yang beredar di kabupaten atau kota.

Serta berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan, Permendagri nomor 41 tahun 2018 tentang peningkatan koordinasi pembinaan dan pengawasan obat dan makanan di daerah dan surat keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 44.205/3/18/ 2019 tentang tim koordinasi pelaksanaan pengawasan makanan.

”Maka di Kabupaten Garut telah dibentuk tim koordinasi pengawasan obat dan makanan tingkat kabupaten Garut, prihal pentingnya dalam menjalankan fungsinya untuk melindungi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat kabupaten Garut” terang Maskut

Lanjut Kadinkes, tentunya hal itu perlu didukung oleh semua sektor terkait yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan satu sama lain.

”Kegiatan sosialisasi pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Garut ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk mendukung akselerasi pembangunan kesehatan masyarakat yang berkelanjutan guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan visi pembangunan Kabupaten Garut,” pungkasnya.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS