background img
bank bjb
Prov Sulsel Menggelar Acara Sosialisasi Pengembangan dan Pemberdayaan KIM

Prov Sulsel Menggelar Acara Sosialisasi Pengembangan dan Pemberdayaan KIM

SULSEL, - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Prov Sulsel, menggelar acara Sosialisasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Hotel Condotel Makassar, Rabu (26/6/2019).

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Ir. H. Andi Hasdullah dalam sambutannya mengatakan bahwa KIM merupakan mitra pemerintah yang bertugas untuk membantu pemerintah dalam penyebarluasan informasi pembangunan dan kinerja-kinerja pemerintahan.

"Disamping itu, KIM juga menjadi media untuk menyampaikan informasi dan kondisi yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, baik informasi dari pemerintah ke masyarakat, begitu oula sebaliknya dari masyarakat ke pemerintah,"ungkap Hasdullah.

Hasdullah menambahkan, memasuki era digital, KIM saat ini sudah lebih modern seiring dengan perkembangan masyarakat kita sekarang, yakni era digitalisasi.

"Saat ini, kita butuh partisipasi publik dalam pembangunan, kita butuh responsibility, dimana masyarakat kita juga merasa ikut memiliki hasil pembangunan ini, yang pada akhirnya juga akan berujung pada kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Satu hal yang fenomena terjadi sekarang di era transparansi, yakni dimana masyarakat sudah sangat kritis. Banyak berita negatif yang beredar, yang dalam perspektif komunikasi, maka harus diluruskan atau diklarifikasi.

"Untuk itu maka disinilah peran Pemerintah bagaimana mengklarifikasi berita-berita negatif (hoax) untuk menghindari terjadinya opini persepsi berita yang salah menjadi benar karena terjadi secara terus menerus tanpa ada klarifikasi dari pihak yang berwenang, dalam hal ini pemerintah," beber Andi Hasdullah.

"Namun yang paling penting, tugas kita sekarang adalah memviralkan keberhasilan-keberhasilan pemerintah yang nyata,"pesannya.

Andi Hasdullah juga memaparkan terkait Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Kominfo, yaitu :
- Peningkatan kinerja informatika
- Peningkatan kinerja komunikasi dan informasi
- Statistik
- Persandian dan keamanan informasi

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota se-Sulsel, pejabat lingkup Diskominfo Sulsel dan para pengelola KIM, dengan menghadirkan Narasumber dari Pemerhati KIM Dosen Sahid Jakarta (Dr. Manik Sunuantari), Pakar IT dari STIMIK Dipanegara (Dr. Aprisal,S.Kom.,S.E.,MM), Ketua KIP (Pahir Halim) dan Pemerhati KIM (Bahar Merdu).(spn/er)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS