background img
bank bjb
Pemkot Sukabumi Luncurkan Perda Penanganan Kemiskinan

Een Rukmini SH MH, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi

Optimalkan Pelayanan Kesejahteraan

Pemkot Sukabumi Luncurkan Perda Penanganan Kemiskinan

Sukabumi, -- Seiring dengan visi-misi Wali kota dan Wakil Wali kota Sukabumi Periode 2018-2023 yakni Kota Sukabumi yang RENYAH (Religius, Nyaman dan Sejahtera)
didalam mewujudkan kesejahteraan Masyarakat, terlebih dalam penanganan dan penanggulangan Kemiskinan, Pemerintah Kota Sukabumi secara resmi telah menerbitkan sekaligus disyahkannya Perda (Peraturan Daerah) Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Kemiskinan.

Diruangan Kerjanya, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Een Rukmini, SH MH, kepada Sinar Pagi News Menjelaskan, "dalam Perda Nomor 09 Tahun 2018 Pasal 20 ayat 1 tengah tertuang, bahwa Dunia usaha berhak mendapatkan informasi yang akurat mengenai data Warga Miskin yang akan mendapatkan bantuan dana. Sementara pada ayat 2 dijelaskan "Kewajiban dunia usaha baik swasta maupun badan usaha milik Daerah diwujudkan dalam bentuk pemberian dan pemanfaatan dana
tanggung jawab sosial perusahaan dan/atau pemanfaatan program kemitraan dan bina lingkungan untuk mendukung Program Penanggulangan Kemiskinan".

Ayat 3 "Ketentuan mengenai tata cara dan mekanisme penggunaan dan pemanfaatan dana tanggung jawab sosial perusahaan dan/atau program kemitraan dan bina lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan", jelas Een Rukmini pada Rabu (10/07/2019).

Adapun kewajiban dunia usaha, baik swasta maupun BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), diwujudkan dalam bentuk pemberian dan pemanfaatan dana tanggung jawab sosial perusahaan yang kita kenal CSR atau pemanfaatan program kemitraan dan bina lingkungan, untuk mendukung program penanganan  dan penanggulangan kemiskinan,
"Jadi secara garis besar perda tersebut telah mengatur bahwa dunia usaha baik Swasta maupun BUMD memiliki kewajiban menyisihkan dana CSR untuk penanggulangan Kemiskinan atau bina lingkungan untuk mendukung program penanganan dan penanggulangan kemiskinan di kota Sukabumi.

Sementara untuk merealisasikan, Program penanganan dan Penanggulangan kemiskinan tersebut leading Sektornya ada di Dinas Sosial yang melibatkan berbagai unsur lainnya seperti yang telah tertuang didalam perda ini, "bahwa penanganan dan penanggulangan kemiskinan melibatkan semua unsur, yakni dunia usaha, masyarakat dan Pemerintah Daerah sebagai pembuat kebijakan, menyusun strategi serta merealisasikan berbagai kegiatan penanganan dan penanggulangan kemiskinan".

Dalam Perda tersebut juga diatur
tentang hak dan kewajiban masyarakat miskin, yang mana seluruh warga masyarakat berhak mendapatkan pemenuhan hak-hak dasar, seperti, pelayanan kesehatan, pendidikan, keterampilan berusaha, serta peluang pekerjaan dan pengembangan usaha.

Selain itu, juga mendapatkan pelayanan air bersih dan sanitasi yang baik, lingkungan hidup yang bersih dan sehat, serta perlindungan sosial dan keamanan dari berbagai ancaman dan tindak kekerasan, termasuk kesempatan untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik.

Lanjutnya lagi, "Sebelum Perda Kota Sukabumi Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Penanggulangan Kemiskinan secara resmi diterbitkan dan di Sahkan, sejauh ini CSR dari berbagai dunia usaha khususnya dari Perusahaan Perbankan, di kota Sukabumi memang sudah berjalan, sebab hal itu sudah diatur dengan peraturan yang lebih tinggi, yang mana di dalam aturan-aturan tersebut mengatur kewajiban Perusahaan terkait dana CSR.

namun Sambung Een "dengan telah resmi dan di sahkan perda nomor 09 tahun 2018, diyakini mulai saat ini dan kedepan nanti penyaluran dana CSR akan lebih terkoordinir dan lebih tepat sasaran sebab dengan Perda tersebut akan terbangun koordinasi antara dunia Usaha dan pemerintah Kota Sukabumi, sehingga penyaluran Dana CSR akan jauh lebih tepat sasaran dan tepat guna, tuturnya.

Kata Een Lagi, dengan adanya
Perda Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Penanggulangan Kemiskinan, tentu hal itu sejalan dengan Visi Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Priode 2018-2023, yaitu Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Salah satu upaya didalam merealisasikan yang menjadi Visi Misi Pimpinan kami yaitu dengan terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dari berbagai sektor di semua SKPD yang berada di lingkungan pemkot Sukabumi, tentu semua itu di lakukan sebagai upaya agar "RENYAH" betul-betul terwujud dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat kota Sukabumi, dengan tujuan utamanya bahwa kesejahteraan harus betul-betul terwujudkan secara merata, sehingga tidak ada kesan disini miskin disini kaya, ungkapnya.  


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS