background img
bank bjb
Antisipasi Inflasi, TPID Kota Tegal Konsen Pada Biaya Transport

Antisipasi Inflasi, TPID Kota Tegal Konsen Pada Biaya Transport

TEGAL, - Biaya transport merupakan salah satu penyumbang inflasi kota Tegal, dan ini menjadi perhatian Tim Pengdali Inflasi Daerah (TPID) kota Tegal, demikian disampaikan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono sesaat setelah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019, di Hallroom Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (25/7).

Menurutnya meskipun trend inflasi menurun tapi Kota Tegal masih mendai daerah dengan inflasi yang menjadi perhatian di provinsi Jawa Tengah bersama kabupaten Cilacap dan kota Semarang.

Ia menyampaikan seperti disampaikan Wakil Presiden Yusuf Kala dalam pengarahan pada rakor tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah harus mampu mengendalikan inflasi daerah, agar perekonomian secara umum bisa stabil.

Untuk kota Tegal, menurutnya TPID memiliki tantangan yang cukup berat. Ada beberapa hal yang menjadi perhatiam khusus, terutama terkait masalah biaya transportasi yang menyumbang cukup banyak inflasi kota Tegal. Pihaknya akan berupaya, untuk mengatasi persoalan biaya transportasi.

Senada dengah Wali Kota Tegal, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonsesia Tegal, Muhammad Taufik Amrozy menyampaikan bahwa untuk kota Tegal, Ia mengaku sudah menyusun Road map untuk penanggulangan inflasi, karakteristiknya lebih kental di masalah biaya transport dan bahan makanan  terutama daging.

Kedepan, Ia menyampaikan harus lebih fokus lagi untuk melihat bagaimana pengendalian inflasi dibidang transportasi ini khusunya yang merupakan kewenangan daerah, meskipun mmenurutnya terkait kebijakan transportasibini biasanya merupakan kebijakan pemerintah pusat, namun Ia mengampaikan akan berkoordinasi sengan pemerintah daerah bukan hanya Pemerintah kota Tegal, namun juga pemerintah sekitar Kota Tegal untuk mencarikan solusinya.

Menurutnya angka inflasi yang ada di kota Tegal, dari tahun ke tahun kemakin menunjukan trend menurun, dan kita patut bersyukur bahwa angka inflasi tersebut bisa ditekan berkat sinnergitas semua pihak, dari segenap stakeholder yang ada, baik Pemerintah kota Tegal dan Bank Indonesia bahu membahu, mencari solusi bagaimana menekan angka inflasi.

Dari data TPIP, Angka inflasi kota Tegal tahun 2014 sampai saat ini dalam %  Year of year 2014 sebesar 7.41 %, 2015 sebesar 3.95 %, 2016 sebesar 2.71 %, 2017 sebesar 4.03 %, 2018 sebesar 3.08 % dan di tahun 2019 sampai dengan bulan Juni 2019 tercatat 1.66 %.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4