background img
bank bjb
Kagama Peduli Kekeringan Brebes

Kagama Peduli Kekeringan Brebes

BREBES, -- Kekeringan yang melanda 14 Kecamatan di Kabupaten Brebes, menjadi keprihatinan tersendiri bagi Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada Yogyakarta (Kagama). Kekeringan yang melanda, berakibat pula kurangnya sumber air bersih bagi kebutuhan masyarakat. Untuk itu, keprihatinan para anggota Kagama tersebut diwujudkan dalam bentuk kepedulian membagi air bersih sebanyak 30 tangki.

“Kami turut perihatin dengan kekeringan yang melanda Kabupaten Brebes, sehingga kami tersentuh untuk memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Brebes,” tutur Ketua Pengurus Cabang Kagama Brebes Nurudin SH disela pembagian air bersih di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Brebes, Sabtu (27/7) kemarin.

Nurudin yang juga Camat Wanasari tersebut mengatakan bahwa pemberian air bersih sebagai salah satu usaha pemenuhan kebutuhan air bersih warga yang mengalami kekeringan.

“Kami merencakan total 30 tangki atau 150.000 liter dibagi ke tiga wilayah di Kabupaten Brebes,” ungkapnya.

Selain di Desa Galuhtimur, lanjutnya, juga di Desa Pamulihan dan Desa Kamal Kecamatan Larangan
Sebagaimana moto Kagama yakni Mengabdi Untuk Negeri Guyub Gayeng Migunani, maka persoalan yang menimpa warga Brebes berusaha untuk guyub rukun memberi solusi. Meskipun tidak seberapa, namun mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk warga Brebes.

Sekretaris Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong Muhajir mengucapkan terima kasih atas bantuan air bersih bagi warga desanya. Sebanyak 4 pedukuhan, meliputi dukuh Karangasem, Galuhtimur 2, Kalipucung dan Galuhtimur 1 ditempati 1.446 Kepala Keluarga.
“Tentu, bantuan air bersih ini sangat bermanfaat bagi warga kami. Kami sangat berterima kasih kepada Kagama Cabang Brebes,” ungkapnya bahagia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Ir Yuliana Hendrawati MSi menjelaskan, ada 14 Kecamatan dari 17 Kecamatan di Kab Brebes berpotensi terancam kekeringan.

Kabupaten Brebes, memeliki luas tanam per 15 Juli 2019 seluas 18.929 hektar. Total lahan pertanian yang mengalami kekeringan seluas 1.790 hektar. Dengan rincian kekeringan ringan 598 hektar, kekeringan sedang 646 hektar, dan kekeringan berat seluas 546 hektar.
Pihak Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan beserta TNI dan pihak lainnya telah berupaya dengan melakukan mitigasi yang diharapkan dampak kekeringan tidak meluas.  (wasdiun)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4