background img
bank bjb
PDAM Kota Bandung Siapkan Alat Pengolahan Air Bersih di Kampung Nyalindung

PDAM Kota Bandung Siapkan Alat Pengolahan Air Bersih di Kampung Nyalindung

BANDUNG, -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung menyiapkan satu unit alat pengolahan air bersih untuk warga Kampung Nyalindung RT 006 RW 009 Kecamatan Cidadap. Penyediaan sarana ini sebagai salah satu wujud program CSR PDAM Tirtawening Kota Bandung.

“Dengan cara ini, PDAM memberikan kemudahan kepada warga melalui forum jaga seke. Harapannya, agar warga bisa memanfaatkan mata air dengan lebih maksimal,” ujar Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi kepada wartawan,beberapa waktu yang lalu
Sonny mengatakan, ini merupakan advokasi kepada masyarakat, agar hak masyarakat untuk mendapatkan air minum bisa tetap terlindungi. Mengingat, akses untuk mendapatkan air minum di Indonesia belum begitu bagus. “Jadi ini, bukan saja bermanfaat untuk komunitas jaga seke, tapi juga untuk masyarakat sekitar,” tambahnya.

Di kawasan ini, tercatat ada tiga seke yang bisa menjadi sumber mata air. Namun, yang digunakan untuk pengolahan air minum hanya satu seke. Dengan debit air 0,5 liter per detik, bisa menghasilkan sekitar 200 galon per hari. Dengan harga jual per galon, sekitar Rp5 ribu -Rp6 ribu per galon. ‎
“Kalau per galon ada selisih keuntungan Rp2 ribu, maka sebulan bisa dapat keuntungan Rp12 juta. Itu kan sudah ada untungnya untuk masyarakat,” papar Sonny.

Selain memberi peralatan pengolahan air minum, PDAM juga sudah mengurus sertifikasi kelayakan.
“Jadi air yang diminum sudah pasti bersih, dan bebas. Karena meskipun air jernih, tapi tidak dijamin bebas bakteri,” tambahnya. ‎
Ini merupakan pilot project, untuk wilayah lain, jika ternyata forum jaga seke bisa menjaga dan merawat peralatan sehingga manfaatnya bisa terasa untuk masyarakat.

Di Kota Bandung sendiri, ada sekitar 25 seke yang bisa dimanfaatkan. Namun, jumlah ini masih diversifikasi untuk diketahui kepemilikannya. “Kebanyakan, lokasi seke ada di kawasan Bandung Utara, karena kawasan Bandung selatan sudah milik PDAM,” tambahnya.    

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4