background img
bank bjb
Bidang Lattas Disnakertrans Purwakarta  Luncurkan Program Mobile Traning Unit di Tiga Desa

Bidang Lattas Disnakertrans Purwakarta Luncurkan Program Mobile Traning Unit di Tiga Desa

PURWAKARTA,Bidang Pelatihan dan Produktivitas (LATTAS) Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang meluncurkan pelatihan program mobile training unit (MTU) di tiga desa. Ke tiga desa dimaksud yakni Desa Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes, Desa Cibening Kecamatan Bungursari dan Desa Kertajaya Kecamatan Pasawahan. Pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di tiga desa tersebut dimulai dari bulan Juli .

Kepala Seksi Standarisasi Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, Elis Mulia Sundawati, S.Pd mengatakan, pelatihan melalui program MTU di desa dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan PBK secara gratis serta dilaksanakan di daerah sendiri. Program MTU saat ini, tuturnya digelar di tiga desa, dan masing-masing desa diikuti oleh 16 peserta.

Sementara bentuk pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian yang digelar di dua desa yakni Desa Mekarjaya (24/07/2019) dan Desa Kertajaya (01/08/2019). Sementara di Desa Cibening dilakukan pelatihan Budidaya Jamur.

“Dengan pelatihan program MTU diharapkan bisa meningkatkan keahlian masyarakat dan muaranya bisa mengurangi angka pengangguran,” ungkap Elis di sela sela pembukaan MTU di desa Kertajaya, Kamis (01/08/2019)

Menurutnya, meski pelaksanaan MTU saat ini bertepatan dengan Hari Jadi Purwakarta ke 188 &  Kabupaten Purwakarta ke 51, tetapi tidak menyurutkan Animo warga desa yang mendapat kan program tersebut, malah warga merasa lebih termotivasi dan bersemangat sekali. Untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas buat diri sendiri.

“Mereka mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh karena muara dari pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi keahlian peserta sesuai jenis pelatihan yang diikutinya,” tuturnya.

Pelatihan program MTU berbasis kompetensi ini sambungnya, sengaja diberikan untuk masyarakat dan pelatihannya dilakukan di desa mereka sendiri. Hal itu semata-mata untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan pelatihan secara gratis.

“Dalam pelatihan itu peserta akan mendapatkan, seragam, sepatu, uang transport dan *sertifikat,” bebernya.

Pihaknya dalam waktu dekat ini juga mengusulkan beberapa paket program MTU lainnya, hal tersebut karena adanya permintaan dari beberapa desa /Kecamatan dan Asosiasi lain yang menginginkan  pelatihan berbasis kompetensi tersebut

Keberhasilan Bidang Lattas Disnakertrans Kabupaten Purwakarta dalam memberikan program pelatihan kepada masyarakat dalam bentuk MTU, tambah Elis tentunya berkat dukungan dari Kepala Disnakertrans Kab. Purwakarta Karena tanpa dukungan dari Bapak Kepala maka pelatihan tidak akan maksimal.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4