background img
bank bjb
Pengeboran Pamsimas Berhasil di Jatimulya Tegal, Emak-emak Mandi

Pengeboran Pamsimas Berhasil di Jatimulya Tegal, Emak-emak Mandi

TEGAL – Upaya mencari sumber air bersih di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jateng, untuk mengatasi krisis kekeringan musim kemarau ini, akhirnya berhasil, pasca pengeboran tanah yang dulunya terhenti kini dilanjutkan kembali.

Upaya yang tidak mengenal menyerah antara Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0712 Tegal bersama masyarakat untuk mendapatkan air bersih membuahkan hasil sehingga membuat emak-emak setempat pun langsung tersenyum, bahkan ada beberapa yang mandi di tempat karena doanya terkabul.

Salah satunya adalah Karinten (52) istri Ketua RT. 05 RW. 01 Dukuh Sigerung, Jatimulya, Jumat (2/8)

Dibenarkan Kusmoro (37) Kadus setempat sekaligus Satlak Pamsimas, setelah tahun sebelumnya, upaya pengeboran di samping SDN 03 Jatimulya Sigerung untuk membuat Pamsimas terhenti karena belum menemukan air walaupun  sudah di kedalaman 120 meter. Namun setelah dilakukan pendalaman sampai dengan 138 meter, akhirnya sumur bor mengeluarkan debit air walaupun hanya kecil yaitu 0,7 liter per detik, dari normal minimal 1,5 liter per detik.

“Pengeboran pembuatan Pamsimas yang merupakan program nasional penyediaan air minum di desa ini, dilakukan oleh PT. Raksasa Prevabcon asal Kota Semarang dalam waktu satu bulan kedepan. Walaupun sudah keluar air namun saat ini masih dalam masa uji coba,” jelasnya.

Sementara disampaikan Babinsa Jatimulya, Koramil 05 Suradadi yang juga merupakan anggota Satgas TMMD, Serda Mursidi, bahwa air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa adalah salah satu kunci dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Pembangunan Pamsimas untuk memproduksi sanitasi air bersih masyarakat desa ini, dibiayai oleh pemerintah dari penerimaan perpajakan, bea dan cukai.

“Upaya koordinasi Dansatgas TMMD atau Pak Dandim, dengan Pemda dan pihak terkait, akhirnya direspon dan dilakukan pengeboran kembali untuk mengatasi krisis air bersih di lokasi TMMD ini,” ucap Mursidi berharap, kehadiran Satgas TMMD memacu semangat seluruh pihak untuk lebih giat membangun. (Hid/Aan)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS