background img
bank bjb
Seminar Nasional, FPIK Hadirkan Mantan Menteri Kelautan

Seminar Nasional, FPIK Hadirkan Mantan Menteri Kelautan

TEGAL - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan seminar nasional dengan tema "Mewujudkan Pengembangan Perikanan dengan Meningkatkan Potensi Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0" di Auditorium Darioen Senoatmodjo Jl. Halmahera km 1 Kota Tegal Senin (5/8).

 Kegiatan seminar nasional ini merupakan bantuk kegiatan rutin yang di adakan oleh FPIK UPS Tegal dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi. Untuk kesempatan ini FPIK UPS Tegal bekerja sama Perhimpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (Himapikani) wilayah 3 Jateng dan DIY.

Acara seminar nasional merupakan penutup dari kegiatan Ekspedisi Pesisir yang dimulai hari Jumat s.d Senin (2 - 5 Agustus 2019) yang berpusat Di UPS Tegal. Dimulai dengan kegiatan riset lapangan, fieldtrip restoking ikan di waduk Cacaban dan di akhiri dengan seminar nasional.

Seminar nasional ini dihadiri oleh mahasiswa FPIK UPS Tegal, perwakilan himpunan mahasiswa mahasiswa perikanan mahasiswa wilayah 3 Jateng dan DIY, perwakilan BEM Ilmu perikanan Indonesia, instansi pemerintah sekitar Kota Tegal, Pejabat Struktural, dan dosen FPIK di lingkungan UPS Tegal.

Dalam kesempatan ini FPIK UPS Tegal menghadirkan empat orang nara sumber yang sudah berskala nasional secara keilmuan. Pembica pertama Ir. Nilanto Perbowo, M.Sc selaku Sekretaris Jendral Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, pembicara kedua adalah Prof. Dr. Ir. Rokhim Danuri, MS selaku Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia dan pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI tahun 2001-2004.

Selain itu FPIK UPS Tegal juga turut menghadirkan akademi dalam acara seminar nasional tersebut. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Mulyono S Baskoro, M.Sc yang merupakan guru besar dari FPIK Institut Pertanian Bogor (IPB). Pembicara keempat adalah Dr. Ir. Suyono, M.Pi yang merupakan peneliti nasional dan dosen FPIK UPS Tegal.

ketua panitia Nur Alfa menyampaikan bahwa seminar nasional ini merupakan kegiatan akhir dari ekspedisi pesisir yang kebetulan UPS Tegal menjadi tuan rumah untuk tahun 2019 dengan tiga agenda utama yaitu riset lapangan, field trip, dan seminar nasional dari tanggal 2 s.d 5 Agustus 2019. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara FPIK UPS Tegal dengan Perhimpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (Himapikami) Wilayah 3 Jawa Tengah dan DIY.

Ketua Koordinator  Himapikani Wilayah 3 Falih Nasrulloh dari Unsoed Purwokerto menyampaikan bahwa industri perikanan memiliki potensi yang besar namun sektor perikanan belum menjadi sumber utama masyarakata dalam penghidupan. Kami mengharapkan selaku mahasiswa mengharapkan peran serta pemerintah untuk  dapat membuat regulasi yang baik untuk peningkatan potensi perikanan, selain itu kami mengharap perbaikan sarana dan prasarana untuk perbaikan kualitas pendidikan ilmu perikanan, serta diperlukan pelatihan bagi masyarakat agar mampu memproduksi sendiri budidaya perikanan sehingga mampu meningkatkan penghidupan masyarakat.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran pembicara yang kompeten di UPS Tegal ini. Mahasiswa ilmu perikanan diharapkan mampu bersaing dengan perubahan era distrupsi 4.0 dengan tantangan yang terjadi pada peningkatan SDM dan perubahan di masyarakat.

Setelah dibuka rektor UPS Tegal, acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang dipandu oleh Noor Zuhri, M.Sc selaku moderator.(hid/gus)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4