background img
bank bjb
Program Pamsimas, Bentuk Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

Program Pamsimas, Bentuk Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

GARUT, -Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) merupakan program andalan nasional dengan tujuannya meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupat Garut H. Helmi Budiman, saat meresmikan pembangunan program Pamsimas di Desa Sukarame, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Rabu (7/8/2019).

Dikatakan Helmi, saat ini masyarakat Sukarame yang masyarakatnya kebanyakan petani, sudah bisa langsung menikmati air bersih sampai ke rumah-rumah. Dalam laporan yang disampaikan Kepala Desa, kalau proses pengerjaan yang menghabiskan anggaran besar ini adanya keterlibatan masyarakat yang secara swadaya.

"Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang begitu aktif dalam membantu mensukseskan program Pamsimas, terlebih mereka langsung ikut terlibat dalam pekerjaannya," ucapnya.

Namun kendati program Pamsimas telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, Helmi mengimbau, agar masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan. Yang mana bukan saja menikmati air besihnya melainkan agar bisa menjaga sanitasinya.

"Pembangunan Pamsimas untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat yang kurang terlayani, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan agar dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Helmi mengatakan, bahwa air merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, Oleh karena itu pihaknya berupaya membangun fasilitas air bersih sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan air yang memenuhi standar kesehatan.

"Mengingat program tersebut dari warga untuk warga maka saya berharap warga memelihara dan menjaga prasarana yang telah dibangun sebagai salah satu upaya mempertahankan masa guna sarana prasarana," pesannya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukarame Yanti Susilawati mengatakan, pembangunan sarana air bersih baru bisa terwujud pada tahun 2019. Yang anggarannya di peroleh melalui APBN di bantu Dana Desa dan Swadaya Masyarakat.

"Baru tahun ini Pamsimas bisa terlealisasi padahal sudah diprogramkan sejak tahun 2016," ungkapnya.

Adanya Pamsimas, ribuan masyarakat yang terdapat di 9 RW sudah bisa langsung menikmati air bersih di rumahnya masing-masing. Bahkan, air bersih tersebut dialirkan ke seluruh tempat ibadah.(spn/grt).


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS