background img
bank bjb
Hari Santri, Pemkab Brebes Gelar Festival Seni Budaya

Hari Santri, Pemkab Brebes Gelar Festival Seni Budaya

BREBES - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE SH membuka Festival Seni Budaya Islam dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN)  2019 tingkat Kabupaten Brebes. Ratusan santri memenuhi Pendopo dan Islamic Center  dalam berkompetisi sehat yang penuh kegembiraan dan semangat.

"Secara defacto santri dan kiai telah turut serta menegakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, NKRI," ungkap Idza saat membuka Festival, Pendopo Bupati Brebes, Jumat (18/10).

Di era milenial, santri milenial juga harus pula mempertahankan nilai-nilai seni dan budaya Islami. Perjuangan saat ini tidak lagi melawan penjajahan secara fisik tetapi menegakkan Akhlakul Karimah yang semakin hari tantangannya semakin tidak ringan.

"Generasi milenial harus diselamatkan dari pengaruh degradasi moral, radikalisme dan terorisme," tandas Bupati.

Pembukaan Festival ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati Brebes diikuti Ketua pengadilan Agama Abdul Basyir, dan Forkompinda, anggota Dewan, Kepala Kantor Kemenag Kabag Kesra Setda Brebes.

Ketua Panitia Ahmad Mamun melaporkan, Festival Seni Budaya Islam diikuti 515 santri dan siswa. Adapun  jenis lomba kategori perorangan berupa Pildacil,  Hafalan juz 30, Qiroatul Kutub, Puisi Islami,  Mewarnai Gambar, Fashion Show .

Sedang  kategori grup yaitu Srakalan/Terbang Jawa, Qosidah dan Hadroh. Lomba diperuntukkan bagi Santri, Pelajar dan masyarakat umum.

Ma'mun berharap festival dapat meningkatkan nilai nilai keagamaan dan sudah menjadi amanat undang-undang terkait Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Juga untuk Syiar Islam dan  meningkatnya pemahaman nilai-nilai seni dan Budaya Islam.

Festival digelar 18-20 Oktober 2019, bertempat di Pendopo dan Islamic Center. (hid/bam).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Jadiri  tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4