background img
bank bjb
Pemprov Jabar  Targetkan PAD Naik 15 Persen

Pemprov Jabar Targetkan PAD Naik 15 Persen

BANDUNG, – Pemerintah provinsi Jawa barat menargetkan adanya peningkatan pendapatan daerah pada 2020. Salah satu aspek yang akan didorong untuk peningkatan tersebut adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai sumber utama dari target kenaikan target pendapatan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam nota pengantar keuangan terkait Raperda APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020 pada rapat paripurna DPRD Jabar di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Rabu (30/10/19).

Emil sapaan Ridwan Kamil mengatakan, perkiraan pendapatan daerah tahun 2020 sebesar Rp 41,583triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 5,456 triliun atau naik 15,10 persen dibandingkan dengan target APBD Perubahan 2019 sebesar Rp 36,127 triliun.

“Pendapatan bersumber dari PAD sebesar Rp 25,233 triliun, dana perimbangan diperkirakan sebesar Rp 16,336 triliun. Pendapatan yang sah dari hal lain-lain diperkirakan sebesar Rp 23,199 miliar,” kata Emil.

Dalam kesempatan tersebut, Emil memaparkan sejumlah prinsip penyusunan RAPBD Jawa Barat Tahun 2020. Pertama adalah memberikan ruang seluas-luasnya untuk partisipasi masyarakat sebagai manifestasi prinsip transparansi melalui penjaringan aspirasi.

“Penyusunan belanja daerah diprioritaskan untuk mendukung efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah sesuai dengan peraturan pemerintah,” ucapnya.

Kemudian, menyajikan informasi memadai agar aspek akuntabilitas mudah diketahui penggunaan keuangannya. Penyusunan juga berpedoman pada kaidah disiplin anggaran yang dimanifestasikan dalam perkiraan pendapatan terukur, dan pengeluaran efektif serta efisien.

“Pembebanan pendapatan daerah dilakukan secara proporsional dan pengalokasian belanja daerah mempertimbangkan asas keadilan dan pemerataan pelayanan masyarakat,” kata Emil.

Emil menyatakan, kebijakan belanja daerah pada APBD tahun anggaran 2020 difokuskan pada sembilan program prioritas pembangunan. Dirinya berharap, Raperda APBD Jawa barat Tahun 2020 segera ditetapkan menjadi Perda sesuai dengan waktu yang sudah disepakati bersama.

“Mudah-mudahan selesai sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan, untuk itu mari kita gunakan waktu yang tersedia sebaik-baiknya,” katanya.(spn/wm)


Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4