background img
bank bjb
Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Gelar Rapat Dewan Ketahanan Pangan

Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Gelar Rapat Dewan Ketahanan Pangan

PURWAKARTA,Dinas Pangan dan pertanian Kabupaten Purwakarta menggelar rapat Dewan Ketahanan Pangan dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Purwakarta,Jum'at,(22/11/2011) dengan menghadirkan

Menurut Dewan Ketahannn Pangan Pusat,Prof,Dr,Ir,Etang Sastraatmaja, 
Ketahan pangan ini memberikan sebuah kondisi, yang mana kondisi itu bisa di ukur dari ketersedian dan produksi di Purwakarta.

Kemudian dari sisi aksebilitas masyarakat,apakah masyarakat dengan mudah bisa mendapatan pangan-pangan yang terbuka,keanekaragaman dan keamanana pangan.

"ukuran- ukuran ini yang harus identipikasi sehingga dari situ bisa diambil sebuah kesimpulan,bahwa ketahanan pangan itu baik atau cukup baik,itu harus ada data base yang kuat,"ujarnya,

Harapannya kedepan untuk Purwakarta, yang pertama konsolidasi dewan ketahanan pangan,dimana sekretariatnya Dinas Pangan dan pertanian itu harus selalu jemput bola.
Karena iklim dilokasi kita kalau tidak di jemput tidak akan pernah datang.

"Jadi memang harus proaktif dipaksalah, jadi temen- temen di SKPD itu harus di paksa,supaya sama-sama memikirkan persoalan pangan dalam kelembagaan dewan,"ucapnya.

Ditempat yang sama,Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta,Ir.Agus R Suherlan mengatakan,Hari ini merupakan rapat dewan ketahanan pangan dan merupakan sebagai konsolidasi dewan ketahan pangan.

"Jadi kami selaku sekretaris dewan ketahanan pangan berusaha untuk mencoba menterjemahkan beberapa program yang harus dilakukan di daerah,"ungkapnya.

Sehingga pada akhirnya juga ingin menjawab bahwa ketahanan pangan itu menjadi sesuatu hal yang mampu mengatasi berbagai kekurangan didalam masalah pangan dan gizi.

Dan kita sadar bahwa dewan ketahanan pangan ini memerlukan  partisipasi dari lima pilar yakni pemerintah, pimpinan daerah, dewan, pelaku usahanya, komunitas dan wirausaha dan tentu media salah satunya yang justru memberikan informasi buat kita tentang permasalahan dan juga mempromosikan hal- hal yang memang akan dilakukan oleh dewan ketahanan pangan kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan ini dengan semua sinergis masing-masing OPD yang memiliki program dan memiliki perhatian khusus terhadap ketahanan pangan dan gizi,"ujarnya.

Untuk saat ini kita ada perhatian khsus dari DPRD mencoba ingin membuat draf perda mengenai ketahanan pangan sekaligus kita menghimpun masukan - masukan dari para OPD tentang draf yang harus disampaikan sebagai usulan ataupun masukan ke dalam penyempurnaab draf perda yang akan di bahas oleh DPRD.

"Harapan kedepan antara ketahanan pangan dan gizi ini menjadi sinergis dan didalam perdanyapun banyak yang menjadi bahan-bahan masukan kedalam perda terkait dengan ketahanan pangan dan gizi,"pungkasnya.

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4