background img
bank bjb
Peringati Hari Diabetes Sedunia 2019, RS JEC Kedoya, Gelar Seminar ’Fine Diabetes’

Peringati Hari Diabetes Sedunia 2019, RS JEC Kedoya, Gelar Seminar ’Fine Diabetes’

Jakarta,  -- Untuk menyemarakkan World Diabetes Day (Hari Diabetes Sedunia), JEC Eye Hospitals & Clinics menggelar Seminar publik bagi penderita diabetes dan keluarga
untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang dampak diabetes terhadap fungsi penglihatan, RSJakarta Eye Center (JEC) Kedoya, Jakarta Barat hari ini menggelar seminar bertajuk ’Fine Diabetes’, Sabtu (23/11/2019).

Seminar ini diawali dengan pemeriksaan gula darah gratis serta senam diabetes. Kemudian, para peserta mendengarkan sharing session dari dua dokterJEC yaitu Dr. Martin Hertanto dan Dr. Laurentius Aswin mengenai pencegahan dan penanganan diabetes.

Saat ditemui media diselah-selah seminar dokter Martin Hertanto dari JEC mengatakan kegiatan seminar publik diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang diabetes kepada masyarakat.

"Kami berharap seminar ini dapat membantu masyarakat melakukan tindakan preventif sejak dini terhadap dampak diabetes, terutama pada fungsi penglihatan seperti retinopati diabetik,” kata Martin.

Dikatakan, diabetes berdampak serius terhadap kesehatan penderita karena dapat merusak fungsi berbagai organ tubuh. Salah satunya adalah kerusakan pada retina mata yang dikenal sebagai retinopati diabetik. Retinopati diabetik akan semakin bertambah parah dan dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan secara permanen atau kebutaan apabila terlambat ditangani.

"Pasien harus mendapat layanan diabetes yang kompeherensif, mulai dari pengontrolan gizi hingga kesehatan mata. Pasien dengan keluhan penurunan penglihatan dapat dideteksi sejak awal, sehingga dapat diambil tindakan dini sebelum kehilangan fungsi penglihatan," ujarnya.

Dalam layanan education and care, lanjutnya, tersedia konsultasi dengan dokter spesialis mata khusus retina atau saraf mata dan dokter spesialis ilmu penyakit dalam, edukasi gizi, serta ruang perawatan kaki. Maka dari itu, pasien yang sudah terkena diabetes harus segera memeriksakan kondisi matanya sedini mungkin.

"Pasien dengan diabetes Tipe 1 pengecekan matanya bisa lima tahun kemudian. Beda sama diabetes Tipe 2, kalau ketahuannya sekarang dia prosesnya sudah lima tahun lalu,jadi harus segera periksa mata. Jadi kejadiannya bisa lebih cepat kalau diabetes Tipe 2, ” terang Dr. Laurentius Aswin.

JEC Eye Hospitals & Clinics sebagai rumah sakit mata terlengkap dan termodern di Indonesia selalu berupaya untuk memaksimalkan layanan kesehatannya dengan menghadirkan JEC Sentra Retina – sebagai pusat perawatan spesialisasi retina pertama di Indonesia. Selain peralatan medis, bedah dan diagnostik modern yang lengkap dan menyeluruh, JEC Sentra Retina didukung dengan tim dokter spesialis mata yang berkomitmen dalam membantu pasien mendapatkan indera penglihatan yang maksimal.

JEC juga membuka layanan JEC Diabetes Education & Care bagi pasien dengan keluhan mata serta menderita diabetes. Disini pasien akan mendapat layanan diabetes yang kompeherensif, mulai dari pengontrolan gizi hingga kesehatan mata.Diharapkan pasien dengan keluhan penurunan penglihatan dapat dideteksi sejak awal, sehingga dapat diambil tindakan penanganan dini sebelum kehilangan fungsi penglihatan. Diabetes Education & Care menyediakan layanan: Konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata Khusus Retina (Saraf Mata), Konsultasi dengan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam, Konsultasi dan Edukasi Gizi oleh ahli gizi/perawat yang tersertifikasi, dan Laboratorium serta Ruang Perawatan Kaki (Foot Care).

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor