background img
bank bjb
Pemdes Pekiringan Dan Relawan Gabungan Bersih Bersih Sungai Gung Dari Enceng Gondog

Pemdes Pekiringan Dan Relawan Gabungan Bersih Bersih Sungai Gung Dari Enceng Gondog

TEGAL - Antisipasi Banjir menjelang musim penghujan, Relawan Gabungan ( BPBD, PMI, DLH) bersama Relawan Pecinta lingkungan serta Lembaga terkait melakukan "Bersih Enceng Gondog" di Aliran Sungai Gung Desa Pekiringan Kecamatan Talang.

Giat ini di inisiasi oleh Pemerintah Desa Pekiringan Kecamatan Talang bekerja sama dengan IWO Tegal yang di laksanakan Minggu (8/12).

Dalam kegiatan ini langsung di hadiri oleh
Dewi Aryani M.Si anggota komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan,Camat Talang Noor Alina Agustini,DLH,Diskimtaru,TNI dan Paser mania.

Anggota komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani M.Si yang akrab di sebut Dear mengatakan ini awal pelopor pembersihan sungai saya mendukung gerakan ini sungai bersih lingkungan nyaman masyarakat sehat, sehat itu menjadi segala aspek pondasi kehidupan tanpa masyarakat sehat tidak akan ada produktifitas di mana pun.

Lebih lanjut dikatakan, Sepenuhnya turut menyemangati semua pihak dan berharap masyarakat makin peduli lingkungannya sendiri selain itu produktivitas dan ekosistem sungai jg terjaga baik. Jika hujan deras air dapat mengalir lancar tanpa hambatan jadi banjir jug bisa di cegah sedini mungkin jika sungai bersih maka lingkungan akan lebih nyaman dan rakyat sehat.

"Kegiatan ini juga akan kita laporkan ke gubernur jateng dan kementrian terkait supaya mendapatkan perhatian khusus supaya bisa langsung turun ke lokasi juga",Ujarnya disela kegiatan.

Di sisi lain enceng gondok yang di hasilkan dari sungai juga bisa dikelola menjadi kerajinan masyarakat dan bisa punya nilai ekonomi disatu sisi rutinitas pembersihan gulma enceng gondok harus berkelanjutan di sepanjang aliran sungai tidak hnya kaligung yang ada di pekiringan namun juga desa-desa lain yang dilewati aliran sungai kaligung.

Pj Pekiringan M Aksan menambahkan kegiatan ini solidaritas dari masyarakat khususnya di wilayah Desa Pekiringan untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menanggulangi bencana banjir jika lingkungan bersih maka masyarakat sekitar akan hidup sehat.

"Rencana untuk kedepannya wilayah Kecamatan Talang akan memperdayakan penghijauan dengan menanam bibit pohon melati",ungkap M Aksan

Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat Desa Pekiringan dan elemen pemerintahan desa, baik ketua  RT, RW, KPMD, ketua BPD beserta anggotanya ,LPMD, Perangkat Desa, Linmas, komunitas peduli lingkungan,KAPPAS, paser mania, IWO Tegal,  lintas sektor Puskesmas Talang, BPBD,KIMTARU,DLH, PSDA TARU ,PMI, Camat Talang, Anggota DPR RI IX DR, Dewi Aryani M.Si atas partisipasinya dalam pembersihan Gulma enceng gondok dikawasan Desa Pekiringan.(hid/mad)

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor