background img
bank bjb
Camat Apresiasi IMPESA Gelar Satapok

Kegiatan penanaman Penggiat Lingkungan IMPESA, Minggu (19/1) di Kp Depok, Linggar, Rancaekek. Foto: Dimas Madia

Peduli dan Berdayakan Lingkungan

Camat Apresiasi IMPESA Gelar Satapok

RANCAEKEK - Relawan Insani Motekar Penggiat Nusantara (IMPESA) menggelar kegiatan Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan (Satapok) yang berlokasi di Kampung Depok, Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (19/1/2020) pagi.
 
Kegiatan Satapok itu guna mendukung program Pemkab Bandung dalam upaya menjaga ekosistem lingkungan, pembaharuan penghijauan alam dan mempercepat pemulihan Kawasan Hulu Sungai Citarum yang diinisiasi Kodam III/Slw dengan program Citarum Harum.
 
 
 
Menurut pengurus IMPESA Cabang Kabupaten Bandung, Gita Ramadhan mengatakan, selain menjaga ekosistim kehidupan, akan ada dampak manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang merawatnya.
 
"Lahannya kita manfaatkan lahan salahsatu anggota Impesa di Rancaekek yang berdampingan dengan sungai Cimande yang merupakan daerah anak sungai (DAS) Citarum, nanti yang merawatnya pemilik lahan dibantu oleh anggota IMPESA," kata Gita kepada wartawan, Minggu (19/1), dilokasi penanaman.
 
Selain itu Gita mengatakan, lokasi yang dipilihnya diprioritaskan terhadap lahan tidur, menurut Gita, lahan tidur adalah lahan produktif dengan ukuruan cukup luas namun tidak termanfaatkan oleh pemiliknya.
 
"Kita manfaatkan lahan tidur untuk ditanam, selama 5 bulan kita kontrol pemeliharaannya, bibit yang kita tanam 1000 bibit cengek, bawang daun 250 kg, dan bibit daun Ubi 1 karung," tuturnya.
 
Menanggapi hal itu, Camat Rancaekek Drs. Baban Banjar, Msi mengapresiasi langkah yang dilakukan penggiat lingkungan Impesa. Pasalnya, bersamaan saat ini pemerintah Kecamatan Rancaekek sedang menggalakkan penghijauan di wilayahnya.
 
"Saat inipun kita sedang menanam 70 ribu pohon di wilayah Kecamatan Rancaekek, baru tertanam 40 ribu pohon, kedepannya kita bekerja sama untuk program penghijauan ini," singkat Baban.
Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor