background img
bank bjb
Tingkatkan Kualitas Benih, Pemkab Abdya Aceh Tangkarkan 3 Varietas Padi Baru

Penangkaran Benih Padi Tahun 2019. Foto Istimewa

Tingkatkan Kualitas Benih, Pemkab Abdya Aceh Tangkarkan 3 Varietas Padi Baru

BLANGPIDIE - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, mulai Bulan Februari nanti kembali menangkarkan tiga varietas padi baru di sembilan Kecamatan dalam wilayah Kabupaten tersebut.
 
Pernyataan itu disampaikan Kepala Distanpan Abdya drh Nasruddin melalui Kepala Bidang Pembibitan dan Pembenihan, Hendri kepada Sinar Pagi News, Senin (27/1/2020) di Kota Blangpidie.
 
"Penangkaran benih padi ini sangat penting. Makanya mulai Bulan Februari nanti kami kembali melakukan penangkaran. Kita berharap Bulan Maret sudah selesai tanam padi yang dijadikan tempat penangkaran,"kata Hendri.
 
Hendri menyebutkan, luas areal penangkaran direncanakan sekitar 250 Hektare (Ha). Dari luas areal itu untuk varietas Pajajaran ditangkarkan seluas 50 Ha, Sigelis 150 Ha serta Impari 32 seluas 50 Ha. 
 
"Itu semua kami tangkarkan di sembilan kecamatan. Untuk mewujudkan kegiatan itu, Distanpan hanya butuh 6 ton benih untuk penangkaran padi tersebut,"sebut Hendri.
 
Ia menargetkan, dari 250 Ha tempat penangkaran benih padi nantinya bisa berproduksi alias menghasilkan bibit sekitar 1.000 ton benih baru dari tiga varietas tersebut. Artinya dalam setiap hektare ada sekitar 4 ton diambil untuk benih dengan kualitas bagus.
 
"Tujuan kami lakukan penangkaran benih ini untuk menciptakan varietas unggul yang berproduksi tinggi dan berkualitas sehingga saat ditanam lagi akan menghasilkan padi yang banyak dan berkualitas,"demikian Hendri. (Mg7)
Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor