background img
bank bjb
Tubagus Nugraha: Di Jabar Ada 514 Ijin Pertambangan Dan 417 Tambang Ilegal

Tubagus Nugraha: Di Jabar Ada 514 Ijin Pertambangan Dan 417 Tambang Ilegal

BANDUNG, -- Jawa Barat itu sungguh sangat beruntung, karena Jawa barat dikarunia sumber daya mineral yang banyak, minberal logam sehinga ada tanbang emas, mineral bukan logam juga ada, kecuali batu bara aja yang ga ada di Jawa Barat. Sehingga sampai saat ini di Jawa Barat ada 514 ijn pertambangan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pertambangan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov Jabar, Tubagus Nugraha di acara Jabar Punya Informasi (Japri) ke-62 yang dilaksanakan oleh Biro humas dan protokol pemdaprov Jabar Jl Diponegoro No. 22, Bandung, Kamis (6/2/2020).

Disebutkannya. Yang kami urus adalah bagaimana tata kelola sektor pertambangan secara baik, tentunya secara regulasi ada aturannya, ada UUnya, ada permennya, ada perdanya, secara objek ada banyak, sehingga tercatat sampai hari ini ada 514 ijin disini.

 “Sekitar 514 ijin usaha pertambangan yang terbagi dalam 3 kategori, 352 merupakan ijin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi yang dedicated untuk ekstraksi sumber daya mineral, 100 ijin untuk tahapan eksplorasi, serta 62 statusnya merupakan IUP khusus yaitu ijin untuk memperjualbelikan mineral yang didukung oleh kegiatan tambang.” Sebut Nugraha.

Sektor pertambangan memberikan benefit kepada masyarakat dan pemda, membuka lapangan kerja, pajak, serta lainya. Tetapi kita juga masih ada masalah yaitu tambang-tambang tak berijin ini merupakan masalah nyata.

“Data kita sekarang ada 417 tambang ilegal yang sedang bekerja!” Ujarnya

Nugraha menyebutkan untuk mengatasi hal tersebut ada dua skema yang dilakukan, pertama pembinaan dan penindakan.  “Pembinaan kita bantu mereka untuk legalisasi usahanya,  kalau tidak, akan ditindak.”sebutnya

Permasalahan dalam pertambangan diantaranya,  tranportasi produk tambang yang sering membuat macet dan kotor, lahan bekas tambang.

Selain Tubagus Nugraha, narasumber dalam acara bertajuk Industri Tambang di Jawa Barat ada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jabar Ir. Eddy I.M Nasution Dipl, SE. MT, Kabid Ekonomi Sumber Daya Alam DPMPTSP Prov Jabar Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, MS dan Sekretaris Dinas BMPR Prov Jabar Dr. Ir. Asep Supriatna, M.Eng. Sc.

Ditambahkan Nugraha, Saat ini ada sekitar 417 penambang tak berijin yang sekarang lagi, bekerja. 1 wilayah tambang itu sekarang 1000 karung sehari, 1 karung itu 1 gram 1 hari bisa 1 kilo.

Sementara Kabid Ekonomi Sumber Daya Alam DPMPTSP Prov Jabar Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, MS menyebutkan, Kita punya 19 sektor perijinan, pertambangan ini ada 24 perijinan, tambang ini tersebar di wilayah Jawa barat,  dari sisi perijinan kita memberikan kemudahan dalam sektor apapun termasuk perijinan pertambangan. “Ijin itu tidak ada biaya apapun.”ujarnya.(spn/bd).


Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor