background img
bank bjb
Bupati Sinjai Apresiasi Kunjungan Kerja Kepala Dinas Perpustakaan

Bupati Sinjai Apresiasi Kunjungan Kerja Kepala Dinas Perpustakaan

SINJAI, -- Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, S.H., LLM memberi aspresiasi positif terhadap kunjungan kerja kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan di Kabupaten Sinjai.

"Saya sangat senang, ini kunjungan yang sangat besar yang mudah-mudahan bisa membawa berkah, semangat dan manfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah Sinjai," ujar Bupati Andi Seto, saat menerima kunjungan kerja DPK Sulsel di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (12/2).

Pertemuan ini turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, S.P., M.SP, Wakil Ketua DPRD Sinjai Sabir, Ketua Komisi I DPRD Sinjai Jamaluddin, S.H., dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai La Baba Faisal, S.H., M.Pd bersama jajarannya, serta ratusan pengelola perpustakaan desa dan sekolah yang memenuhi Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Lebih lanjut Bupati menegaskan bahwa pemerintah Kapupaten Sinjai terus berupaya untuk mendorong peningkatan minat baca masyarakat melalui penataan dan pembenahan perpustakaan yang ada.

"Kita terus berupaya melakukan berbagai pembenahan dan inovasi untuk menghadirkan perpustakaan yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi. Alhamdulillah tahun lalu jumlah pengunjung perpustakaan kita meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2018 lalu," imbuhnya.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Perpustakaan Provinsi yang secara umum telah memberi perhatian yang besar terhap Kabupaten Sinjai, semoga ke depan dukungan dan bantuan dapat ditingkakan lagi sehingga kegiatan literasi di Sinjai ini semakin marak, dan masyarakatnyapun semakin cerdas dan sejshtera.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan sinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai.

Apalagi menurutnya perkembangan literasi untuk ukuran 24 kabupaten kota, Sinjai yang paling tinggi.

"Sudah menjadi komitmen bagi kami di DPK provinsi, tahun 2020 ini menjadi tahun kinerja dengan motto kerja, kerja, kerja. dan semangat ini kami akan tularkan ke daerah.

Menurutnya, bentuk perhatian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel terhadap Sinjai baik dalam bentuk peningkatan SDM maupun dalam bidang kegiatan pembangunan secara fisik cukup besar.

"Menjadi perhatian utama bagi kita untuk menghadirkan layanan perpustakaaan yang layak, nyaman dan modern, sehingga ini menjadi performance baru di Sinjai. Dan DPK Sulsel akan terus menfasilitasi ke pusat," ujar Hasan.

Begitu juga dengan pengolahan kearsipan, lanjut Hasan, DPK akan memberikan perhatian penuh dalam bentuk pembinaan, sehingga pengelolaan arsip di Sinjai baik di tingkat OPD maupun di desa dapat terjaga.

Dalam diskusi pada pertemuan tersebut juga terungkap bahwa jumlah pustakawan dan arsiparis di Sinjai masih sangat kurang, padahal pustakawan dan arsiparis ini merupakan ujung tombak pelaksaan kegiatan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan di lapangan. Sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat mengusulkan formasi jabatan untuk pustakawan dan arsiparis, demi kemajuan daerah ini ke depan.(spn/sj).


Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor