background img
bank bjb
Bupati Umi Azizah Semprot Kawasan Ruko Slawi dengan Desinfektan

Bupati Umi Azizah Semprot Kawasan Ruko Slawi dengan Desinfektan

TEGAL - Cegah penyebaran infeksi virus Corona di wilayahnya, Bupati Tegal Umi Azizah turun tangan lakukan penyemprotan di kawasan Ruko Slawi hari Sabtu (21/3). Penyemprotan dengan cairan desinfektan ini menyasar sejumlah tempat seperti ruang parkir kendaraan, selasar toko dan mushola.

Dengan mengenakan alat pelindung diri yang telah disiapkan oleh personil Dinas Kesehatan (Dinkes) dan PMI Kabupaten Tegal, Umi pun menyemprotkan air yang aromanya mirip cairan pemutih ini ke dinding dan ke lantai. Area pertama yang menjadi sasarannya adalah mushola. Menurut Umi, mushola menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dan berpotensi menjadi tempat penularan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Melalui pengeras suara azan, Umi pun menyampaikan informasi tentang cara mencegah infeksi Covid-19 dan menghimbau warganya agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri. "Saya minta kepada warga pedagang, penjual dan pengunjung untuk menjaga kebersihan. Rajin-rajin cuci tangan dan jaga menjaga jarak aman antar warga”, katanya.

Tak ketinggalan, kepada pemilik toko, Umi pun minta disediakan tempat cuci tangan. “Sediakan air yang mengalir dan sabun antiseptik ataupun hand sanitizer. Arahkan setiap pembeli yang datang agar mencuci tangannya sebelum memilih barang dagangan”, ujarnya.

Pesan tersebut terus Umi sampaikan setiap kali memasuki toko sembari meneruskan aktifitasnya menyemprotkan cairan biosida yang mampu membunuh virus itu. Umi pun menambahkan, penularan virus Corona tidak hanya lewat percikan batuk atau bersin penderita yang melayang di udara lalu masuk ke tubuh melalui saluran pernafasan, tapi juga bisa dari cairan yang menempel di kain atau permukaan padat yang tersentuh tangan dan tangan tersebut secara tidak sengaja menyentuh atau mengusap bagian mulut, hidung dan mata. “Hati-hati, virus Corona ini bisa bertahan hingga sembilan jam pada permukaan kain dan baju”, pesan Umi ke sejumlah pramuniaga yang ditemuinya.

Disini, Umi ucapkan terima kasihnya kepada pemilik toko busana Dinda yang telah menyediakan sarana cuci tangan yang dilengkapi sabun antiseptik. Sementara Toko Elektronik Surya Mas yang menyiapkan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer juga tak luput dari perhatiannya. “Meski hand sanitizer ini buatan sendiri dengan cara mencampur alkohol 70 persen dengan lidah buaya, saya mengapresiasi kesadaran dan usahanya”, pujinya.

Tak jauh dari Ruko Slawi, bersama rombongan beranjak ke Swalayan Mutiara Cahaya yang sudah lebih baik dalam menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya menyediakan hand sanitizer, di toko yang menjual aneka kebutuhan rumah tangga ini pun juga menyiapkan petugas untuk memeriksa suhu tubuh dengan “thermal gun”.

Disini Umi sempat mencontohkan gerakan cuci tangan yang benar kepada sejumlah pengunjung swalayan.

"Jangan lelah untuk meminta pengunjung cuci tangannya sebelum berbelanja," pesan Umi kepada petugas yang berjaga.

Tak berhenti disini, Umi yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kabupaten Tegal Amin Maskur dan Humas PMI Kabupaten Tegal Sunarto pun beranjak ke Puskesmas Slawi.

Di Puskesmas Slawi, kesiapan petugas dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini sudah tampak dengan diberlakukannya protokol kesehatan, antara lain penyediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh hingga penjarangan tempat duduk sesuai anjuran social distancing.

Sementara di Terminal Bus Dukuhsalam, Umi sempat memeriksa kelengkapan cuci tangan yang dan meminta petugas Dinas Kesehatan menambahkan pamflet petunjuk cuci tangan diatas bak cuci tangan. Di atas bus Sinar Jaya yang parkir di tempat keberangkatan, Umi sempat berbincang dengan awak bus.

 Disini Umi mengapresiasi kebijakan perusahaan otobus yang ikut memantau kesehatan penumpangnya dengan menyediakan paket obat-obatan dan vitamin dengan disertai petunjuk pemakaian. Tampak di sini, petugas dari PMI dan Dinas Kesehatan mensterilkan armada bus dengan cairan desinfektan sebelum diberangkatkan.

Di tempat yang sama, Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Tegal Amin Makmur menjelaskan bahwa penyemprotan desinfektan di perkantoran sudah dilakukan pihaknya sejak hari Rabu (18/3) lalu, diawali dari Kantor Disdukcapil, Dinas Perhubungan dan Samsat Slawi. "Untuk jadwal hari ini ada beberapa tempat seperti di Ruko Slawi, Kantor Polres Tegal hingga Kantor Bank Jateng Slawi," tuturnya.

Di tanya soal penyemprotan di pasar, Amin mengungkapkan, pihaknya akan mulai lakukan penyemprotan hari Selasa (24/3) mendatang, diawali dari Pasar Trayeman dan Pasar Kupu lalu berlanjut ke pasar lain di hari berikutnya. "Penyemprotan pasar kita lakukan siang hari, selepas aktifitas jual beli", ujar Amin.(hid/oka).

Berita Lainnya
pemda brebes Pemda Brebes 2 Pemda Brebes 3 Pemda Brebes 4
Square bawah 5 Square bawah 6 Square bawah 7 Square bawah 8
Hut pemda 32 SMK pa Asep Bawah 34 Pemda Sukabumi