background img
bank bjb 1
Redaksi Jurnalis Indonesia (RJI) Resmi Terbentuk Junjung Tinggi Solidaritas Dan Kebersamaan

Redaksi Jurnalis Indonesia (RJI) Resmi Terbentuk Junjung Tinggi Solidaritas Dan Kebersamaan

BANDUNG, - Organisasi gabungan para perusahaan media Online & Cetak Redaksi Jurnalis Indonesia (RJI) resmi terbentuk dan dikukuhkan melalui forum musyawarah yang digelar oleh beberapa Media yang tergabung RJI di Kantor Redaksi Nuansa Realita Jalan Cingised 88 B, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (31/5/20).

Dilandasi dengan solidaritas dan rasa kekeluargaan diantara Media tersebut, RJI berkomitmen untuk menjadi sebuah wadah media yang bakal menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan persaudaraan antara awak media.

Sebanyak dua belas media yang tergabung di RJI meliputi Nuansa Realita.com, Mata Pers Indonesia.com, Mediatopnews.com, PenaKu.ID, Sergap.co.id, Bentarnews.com, Siliwangipos.com, Sawalanews.com, Busernews19.com, Sinarpaginews.com, Formasnews.com, dan Tutwurihandayani.com.

Dewi Apriatin, Pemred PenaKu.ID terpilih dan dipilih bersama untuk dipercaya menjadi ketua RJI periode pertama mengatakan dalam pembentukan langkah awal dari sebuah komitmen dan solidaritas demi kebersamaan.

“Beranjak dari pasal 28 UUD 1945 kami membentuk wadah dan perkumpulan ini,” katanya.

Dikatakan Dewi pula, RJI ini akan menjadi sebuah wadah diskusi bagi para wartawan untuk lebih mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Disamping itu ia juga menyampaikan bakal membawa RJI pada tempat dimana bisa mempersatukan para wartawan dan media yang masih belum memiliki wadah ataupun tempat organisasi.

“Kita terbuka buat semua, tapi tentunya dengan badan hukum dan legalitas yang jelas sesuai dengan UU Pers No. 40 tahun 1999,” tambahnya.

“Kita juga setelah ini akan segera melegalkan RJI ini dengan berbadan hukum dan legalitas yang tertib, saya pastikan RJI ini bakal berbadan hukum,” jelas Dewi.

Meskipun demikian ia beranggapan RJI saat ini telah lahir dan ada melalui kesepakatan bersama.

“Alhamdulilah dan bismilah RJI hari ini sudah ketok palu,” katanya.

Sementara itu di tempat yang sama usai gelaran tersebut, Sofyan Hunter dari pimpinan Redaksi Nuansa Realita, sekaligus sebagai pembina RJI mengapresiasi dan mendukung atas pembentukan RJI ini.

“Saya dukung, karena ini hal positif yang turut membangun komunikasi yang baik di antara media,” ujar Sofyan.

Sofyan pun berharap sama hal nya yang dituturkan Dewi bahwa media yang tergabung dan yang akan tergabung di RJI agar melengkapi administrasi medianya.

“Kita berharap agar nanti yang tergabung disini juga perusahaan-perusahaan media, yang lain pun bisa gabung disini,” ucap Sofyan.

Kedepan, Sofyan, memiliki arahan agar kelak RJI bisa mengglobal di skala nasional dan lebih berkembang lagi.

“Saya akan bantu itu apapun tujuan bersama dan untuk kemajuan bersama, tentunya juga untuk kepentingan bersama,” jelas Sofyan.

Satu lagi pembina menambahkan, Asep, dari redaksi bentarnews.com ikut mendukung langkah tersebut.

“Semangat untuk teman-teman untuk memperjuangkan cita-cita bersama,” ujar Asep.

Usai acara tersebut dilakukan juga struktutal kepengurusan yang bakal menjalani tugas-tugasnya masing-masing di lini setiap bidang.

Diakhir acara tersebut, sembari menikmati hidangan menu yang telah tersaji, menambah rasa kekeluargaan di kalangan wartawan RJI.

tak luput doa bersama, potong tumpeng, juga foto bersama demi komitmen bersama.

Tak mengabaikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih menjalani PSBB di Kota Bandung, setiap yang hadir diwajibkan menggunakan masker dan sebelumnya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun, juga melakukan pshysical distancing pada saat musyawarah dimulai. 

Berita Lainnya
HUT PDAM pa markus HUT Wahid 2 HUT Tegal