background img
fULL BENNER 1
Kadis DPMD Purwakarta:  Penerima BLT DD Langsung  Sudah Sesuai Dengan Aturan yang ada

Kadis DPMD Purwakarta: Penerima BLT DD Langsung Sudah Sesuai Dengan Aturan yang ada

PURWAKARTA, - Pemerintah pusat telah mengalokasikan sebagian Dana Desa (DD) untuk masyarakat yang terdampak virus Corona alias Corona Virus Deases (Covid-19)

Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Purwakarta Jaya Pranolo, mengatakan, Sesuai aturan yang ada, Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) menerima Rp. 600 rb per KK ( penerima manfaat ) selama 3 bulan, bahkan akan diperpanjang lagi, namun masih menunggu aturan teknisnya.

Ia menjelaskan, pendataan warga penerima BLT DD dilakukan Tim Relawan covid-19 Desa yang  Hasilnya akan dibawa ke dalam forum Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) dengan melibatkan Pemerintahan desa, Bamusdes, Tokoh, babinsa, babinkabtimas dan lain-lain.

 "Jadi nama penerima BLT DD dan mekanisme penyaluran sudah melalui proses yang transparan dengan melibatkan unsur instansi terkait dalam penentuan nama-nama Penerima manfaat,"ungkapnya,Senin,(1/6)

Hasil pendataan tersebut sebelumnya telah di musyawarahkan melalui Musdes yang kemudian dituangkan dalam Perkades yang wajib diketahui oleh Camat setempat. Jumlah nominal pun sesuai dengan aturan yang ada adalah 600 rb / bln selama 3 bln.

 "Setiap penerima BLT nominalnya sama, yakni Rp 600 ribu per bulan. Desa hendaknya mengikuti aturan yang ada dalam pelaksanaan Penyaluran BLT DD, jangan ada penyelewengan karena bisa mengakibatkan permasalahan hukum di kemudian hari, ,” katanya.(Ms)

Berita Lainnya
bawah 32 bawah 33 bawah 34 Square samping 3