background img
bank bjb 1
Menteri KKP-RI, Jamin Proses Perizinan SIPI Kapal 30 GT KeatasSatu Jam Jadi

Menteri KKP-RI, Jamin Proses Perizinan SIPI Kapal 30 GT KeatasSatu Jam Jadi

INDRAMAYU - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Edhy Prabowo lakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Perikanan Karangsong Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Senin (6/7/2020) malam.

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan rerhadap aktivitas perikanan di TPI Karangsong, dan sekitarnya sekaligus meninjau terkait aktivitas Mobil Nelayan Pintar.

Terkait peninjauan terhadap aktifitas Mobil Nelayan Pintar, pemerintah memastikan bahwa mobil tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan pemerintah untuk melayani nelayan yakni terutama masalah asuransi nelayan dan BPJS ketenagakerjaan.

Sementara berkaitan dengan proses izin kapal atau surat izin penangkapan ikan (SIPI), Menteri KKP Edhy Prabowo tegaskan jika saat ini prosesnya dimudahkan, untuk kapal 30 GT keatas proses perizinan cukup dengan memakan waktu 1 jam saja.

“ Perizinan kapal yang dahulu lama, sekarang izin cukup dengan satu jam.” Kata Edhy saat melakukan kunjungan kerja di Indramayu.

Iapun menegaskan jika masih saja kesulitan untuk melakukan proses perizinan secara daring, KKP juga menerima proses perizinan secara langsung, namun harus dikumpulkan terlebih dahulu ke dinas terkait untuk perizinannya.
“Kalau nanti ketemu kesulitan, (Ketika mengurus perizinan melalui daring) kumpulin kapal yang diatas 30 GT bawa ke Jakarta nanti akan di kerjakan.”tegasnya.

Sementara salah satu tokoh nelayan setempat, H. Darto, membenarkan jika saat ini proses perizinan SIPI memang sangat mudah didapatkan tidak butuh waktu lama dan berbelit.

"Alhamdulillah, sekarang memang proses perizinan sangat cepat tidak seperti dahulu."Jelasnya.

Menteri KP sebelumnya dijadwalkan sore hari sekitar pukul 17.00 WIB sudah berada di tempat, namun akibat mendalam akhirnya jadwal diundur hingga pukul 18.30 WIB.

Kegiatan berlangsung dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, yakni seluruh tamu undangan sebelum memasuki area tenda diwajibkan mencuci tangan, tes suhu badan, menggunakan masker, dan ada jarak duduk antara satu dengan yang lainnya.(Har/SPN-IM)

Berita Lainnya
HUT PDAM pa markus HUT Wahid 2 HUT Tegal