background img
bank bjb 1
Bupati Umi Serahkan Dua Unit Mobil Ambulan untuk Penanganan Covid-19

Bupati Umi Serahkan Dua Unit Mobil Ambulan untuk Penanganan Covid-19

TEGAL - Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan dua unit mobil ambulan untuk membantu penanganan Covid-19 di Kabupaten Tegal. Penyerahan secara simbolis ini berlangsung di halaman Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soeselo Slawi, Senin (6/7).

Hadir secara langsung menerima penyerahan mobil ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji.

Lewat sambutannya, Umi selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal menyampaikan jika alokasi pembelian dua unit mobil ambulan tersebut berasal dari belanja tak terduga APBD Kabupaten Tegal 2020 hasil refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 yang dikelola Dinkes Kabupaten Tegal.

Dengan adanya penambahan armada tersebut, Umi berharap, mampu meningkatkan pelayanan dan mobilitas penanganan pasien Covid-19. “Bertambahnya dua unit ambulan ini semoga bisa membantu memudahkan dan mempercepat akses pelayanan tenaga medis kepada masyarakat dalam menangani Covid-19,” katanya.

Usai penyerahan mobil ambulan, di tempat yang sama, juga berlangsung penyerahan bantuan makanan dan minuman suplemen tambahan dari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Tegal untuk tenaga medis RSUD dr Soeselo Slawi. Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono yang juga Ketua Korpri Kabupaten Tegal menuturkan bahwa sumbangan tersebut bersumber dari iuran PNS di lingkungan Pemkab Tegal.

Adapun rincian bantuan tersebut meliputi susu UHT sebanyak 3.325 kaleng, telur ayam 3.304 butir, biskuit 1.104 buah, multivitamin 500 buah serta buah-buahan sebanyak 2.665 paket. Selain memberikan bantuan kepada tenaga medis, Korpri Kabupaten Tegal juga memberikan bantuan termometer tembak dan alat penyemprot disinfektan masing-masing 50 buah.

"Selain bantuan tersebut, kami juga berikan bantuan bagi keluarga pasien dalam pengawasan yang sedang dirawat di rumah sakit ini. Bantuan tersebut berupa bingkisan parsel buah-buahan. Harapannya agar bisa membantu menjaga imunitas keluarga penunggu pasien,” ujar Joko.

Ditemui usai acara, Hendadi menjelaskan, ambulan tersebut rencananya satu unit akan ditempatkan di RSUD dr. Soeselo Slawi dan satu unit lainnya di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.

“Penempatan satu unit ambulan di Dinkes ini lebih dimaksudkan sebagai sarana backup layanan jika sewaktu-waktu ada Puskesmas yang membutuhkan bantuan ambulan seperti menjemput pasien Covid-19, pasien dalam pengawasan, maka akan segera kami luncurkan,” pungkasnya.(hid/oka).

Berita Lainnya
Iklan brebes pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4