background img
bank bjb 1
Pemkab Garut Ikuti Lomba Inspeksi Visual Asetat Test Tingkat Provinsi Jabar

Pemkab Garut Ikuti Lomba Inspeksi Visual Asetat Test Tingkat Provinsi Jabar

GARUT, - Pemerintah Daerah kabupaten Garut melalui Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) Test sebagai upaya pencegahan Kanker Serviks, sekaligus dalam rangka mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat, bertempat di Klinik Cisanca, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Rabu (08/07/2020).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Garut, dr Tricahyo dan jajarannya, Ketua TP PKK Kecamatan Samarang bersama anggota.

Turut Hadir pula Wakil Ketua I Tim TP PKK kabupaten Garut dr.Hj. Hani Firdiani, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) yang juga Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Iryani S.Sos,MM.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua I Tim TP PKK kabupaten Garut dr.Hj. Hani Firdiani yang juga Istri Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman mengatakan, Kegiatan merupakan salah satu persiapan yang dilakukan oleh Kabupaten Garut dalam rangka mengikuti Lomba IVA Test tingkat Provinsi Jawa Barat.

Hani Firdiani menambahkan, selain hari ini, kami akan melanjutkan pemeriksaan ini di tanggal 15 dan 16 Juli mendatang. Target untuk pemeriksaan IVA test harus mencapai 300 orang, agar bisa mengikuti lomba tingkat Provinsi.

"Semoga dengan adanya IVA Test ini, semua wanita khususnya yang berusia subur di kabupaten Garut, menjadi wanita sehat," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Perempuan DPPKBPPPA Garut, Iryani S.Sos,MM menambahkan, dalam pemeriksaan IVA Test pada kali ini dilakukan oleh Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Mekarwangi dan berjalan dengan lancar.

“Sebanyak 59 orang dari target 100 orang wanita usia subur ikut serta memeriksakan kesehatannya,” jelas Iryani.

Iryani berharap, kegiatan lomba IVA Test Tingkat Provinsi Jawa Barat ini dapat menjadi semangat serta motivasinya untuk terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, bukan semata untuk mendapatkan penghargaan.

“Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks,” pungkasnya.

Berita Lainnya
Iklan brebes pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4