background img
bank bjb 1
Membantu Masyarakat Kesulitan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

Program P2L Salah Satu Upaya Pemkab Purwakarta

Membantu Masyarakat Kesulitan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

PURWAKARTA, Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui dinas ketahanan untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi di tengah pandemi covid 19.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Agus R Suherlan mengatakan,
program P2L adalah kegiatan yang dilaksanakan kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan, sebagai sumber pangan secara berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan, serta pendapatan.

"melalui P2L bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga,"ungkapnya, Jum'at (7/8/2020).

Ditambahkan,Program P2L merupakan gerakan pemanfaatan setiap jengkal lahan, termasuk lahan tidur, lahan kosong yang tidak produktif pada pekarangan sebagai penghasil pangan serta memenuhi kebutuhan gizi dan pangan keluarga. Jenis tanaman pangan yang dibudidayakan adalah tanaman sayuran.

"Kami mengajak masyarakat memamfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman," ujarnya.

Kabid Ketahanan Pangan,Desi Adriana menambahkan,Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menjadi binaan Dinas Pangan dan Pertanian sebanyak 15 KWT yang tersebar yang diperdayakan dalam Program P2L.

Program P2L sangat bermanfaat bagi masyarakat kita, karena sudah bisa memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat. Juga untuk mengurangi belanja keluarga, terutama pangan, yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

"Sehingga P2L ini diharapkan memberi kesejahteraan yang layak bagi masyarakat. Memainkan peran nyata dalam pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, "ucapnya.(Ms)

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN