background img
bank bjb 1
Ngontrak Sejak 2014, Alhamdulillah BMT Fatayat NU Miliki Kantor Sendiri Di Bulakamba

Ngontrak Sejak 2014, Alhamdulillah BMT Fatayat NU Miliki Kantor Sendiri Di Bulakamba

BREBES - Baitul Mal wat Tamwil Syirkah Muawanah PC Fatayat Nahdlatul Ulama (BMT SM FNU) Brebes memiliki kantor baru. Semula, kantor BMT menempati kios milik salah seorang pengurus Fatayat Cabang di Jalan Raya Kluwut. Sekarang memiliki kantor sendiri di Jalan Raya Bulakamba, Brebes hasil pembelian senilai Rp 327 juta.

Tasyakuran dan peresmian gedung baru ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita yang melintang di pintu kantor oleh Pengawas BMT SM NU FNU Brebes Dr Hj Sari Hernawati.

"Alhamdulillah, sekarang BMT menempati gedung baru setelah ngontrak sejak 2014 sampai 2020," ujar Ketua Pengurus BMT Anisatun Mutiah MAg di sela tasyakuran dan peresmian gedung baru BMT SM PC Fatayat NU Kab Brebes, di Jalan Raya Bulakamba, Brebes, Jumat (7/8).

Kata Anis pendirian BMT sejak 2014 ini dilatarbelakangi atas kegelisahan masyarakat Brebes karena krisis ekonomi global. Nahdliyyin banyak yang terjerat rentenir dan bank keliling sehingga Fatayat NU Brebes mencarikan solusi dengan pendirian BMT.

BMT SM FNU, lanjut Anis, diinisiasi 20 orang, dengan membangun Koperasi Serba Usaha (KSU) BMT. Rintisan BMT antara lain mendapat modal dari bantuan Bupati dan donatur dengan modal awal Rp 40 juta.

"Alhamdulillah, sekarang aset BMT SM FNU sudah mencapai nilai Rp 4 Miliar," ungkap Anis.

Kantor BMT SM PC FNU dijalan Raya Bulakamba Brebes tersebut, dibangun di atas areal tanah seluas 4 X 30 meter persegi dengan harga tanah Rp 350 juta. Sedangkan luas bangunan 4 X 20 meter persegi dengan nilai bangunan Rp 327 juta.

Pendirian BMT telah berbadan hukum nomor 188.4/525/BH/2015. Dengan tagline syarikat pengembangan ekonomi masyarakat Madani, bertekad mendapatkan anggota semakin baik dan bermanfaat untuk umat.

PC NU Wakil Bendahara Ali Mursidi mengapresiasi pendirian BMT SM FNU, apalagi dipandegani oleh para
Srikandi yang bangkit membantu masyarakat lemah lewat BMT. Dengan kemandirian ekonomi maka akan kuat.
Jangan sampai meninggalkan keturunan yang lemah, secara pribadi maupun organisasi harus kuat.

"Fatayat menjadi contoh peningkatan ekonomi perempuan di Brebes lewat BMT," kata Kiai Ali.

Selain itu, Ali Mursidi juga memuji kegigihan Fatayat telah melakukan bisnis penjualan garam. Menurutnya, lebih terhormat menjual garam dari pada menjual proposal.

Kiai Ali menyitir kata-kata Sahabat Ali Bin Abi Tholib yang menyatakan bahwa suatu kebatilan yang terorganisir mampu mengalahkan kebaikan yang tercerai berai.Untuk itu, perlu persatuan dan kesatuan dalam membangun ekonomi umat.

Ketua PC Fatayat NU Nur Wahidah mengajak kepada para anggota Fatayat khususnya, untuk melakukan terobosan-terobosan spektakuler.

Dia mencontohkan lembaga keuangan yang favorit di Sidogiri, Jawa Timur, justru dari NU. Kita harus membuat terobosan agar masyarakat lebih mempercayai BMT Fatayat sebagai lembaga keuangan yang Favorit juga. Untuk itu, management dan tata kelola yang, bagus, acauntable harus dimiliki. Meski demikian, jangan malu-malu untuk selalu belajar dan belajar dengan mitra kerja lembaga keuangan lainnya serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes.

“BMT SM FNU, secara periodik juga di audit oleh lembaga independent dengan hasil audit sehat,” ungkap Nur Wahidah.

Salah seorang anggota BMT SM FNU, Syarifah dari Tanjung mengaku mendapat nilai manfaat dari keikutsertaannya. Kepala TK Pertiwi Sengon tersebut, juga mengaku senang bekerja sama dengan BMT SM FNU karena para pengurusnya mau jemput bola, termasuk kedisiplinan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta pembagian SHU yang baik.

BMT memiliki anggota lebih dari 1000 orang tersebut awalnya hanya beranggotakan 25 orang. Anggota memiliki latar belakang berbeda, terdiri dari anggota Fatayat NU, guru, petani, nelayan dan masyarakat umum.(hid/was).


bmt4.jpg

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN