background img
bank bjb 1
Kunjungan Rumah BUMN Telkom Soreang Ke Forum CSR LIK Kota Bandung

Rosiana Purba dan Shandy bersama pengurus Forum CSR LIK Kota Bandung (Foto: Asep Ruslan)

Kunjungan Rumah BUMN Telkom Soreang Ke Forum CSR LIK Kota Bandung

Rumah BUMN, wujud kerja nyata BUMN untuk memajukan UMKM Indonesia yang berkualitas.

KOTA BANDUNG - Pertumbuhan pasar global telah menggeser paradigma bisnis nasional, dimana pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam memakmurkan ekonomi negara, baik melalui penciptaan lapangan kerja, mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan inovasi baru.

Saat ini, jumlah pelaku UMKM di Indonesia telah mencapai 57 juta, dimana sebagian besar merupakan para pelaku usaha mikro. Hal ini menunjukkan potensi UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia untuk meningkatkan kemakmuran negeri.

BUMN sebagai agent of development telah mengembangkan beberapa insiatif untuk meningkatkan kualitas UKM, antara lain Telkom Indonesia dengan 2 juta UMKM teregister melalui pogram Kampung UMKM Digital di seluruh Indonesia.

Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku UMKM, Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UMKM menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

Rumah BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UMKM dalam hal Peningkatan kompetensi, Peningkatkan Akses Pemasaran dan Kemudahkan akses Permodalan.

Diskusi bersama di Sekretariat Forum CSR LIK Kota Bandung (Foto: Asep Ruslan)

Manager Rumah BUMN Telkom Soreang, Rosiana Purba dan Account Manager Shandy melakukan kunjungan ke Sekretariat Forum CSR LIK Kota Bandung di Komplek Lingkungan Industri Kecil (LIK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat Jalan Sukarno Hata KM.12,5, Kelurahan Mekar Mulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Dalam kunjungan ini disambut pengurus Forum CSR LIK Kota Bandung 2020-2025, Ketua Forum CSR H. Zeky Zamzam, Sekretaris Forum CSR Ir. H. Asep Ruslan dan Pembina Forum CSR yang juga Kepala Seksi Pengembangan Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Industri Logam Disperindag Jabar, Ir. AM. Ridwan, MP, Kamis (3/9/2020).

Tujuan kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dengan pengurus Forum CSR LIK Kota Bandung Periode 2020-2025, bersilaturahmi dan berdiskusi dalam rangka kolaborasi jalin kerjasama dengan Forum CSR LIK Kota Bandung dan peningkatan kinerja yang representative dalam membantu pengembangan dan pembinaan UMKM di Jawa Barat, khususnya di wilayah Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Dalam kesempatan tersebut H. Zeky Zamzam memaparkan program kerja Forum CSR LIK Kota Bandung serta meminta masukan dan arahan dari Rumah BUMN Telkom Soreang, terkait untuk kelancaran dari beberapa program kerja yang disampaikan.

Rosiana Purba dan Shandy di Kantor UPTD Industri Logam Disperindag Jabar (Foto: Asep Ruslan)

Setelah penyampaian paparan dari Ketua Forum CSR, dilanjutkan sesi diskusi bersama untuk membahas hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan Forum CSR LIK Kota Bandung dan upaya-upaya menggali program kerjasama dengan Rumah BUMN Telkom Soreang.

Kunjungan Rumah BUMN Telkom Soreang diakhiri dengan jalan bersama keliling kawasan LIK untuk melihat aktifitas UMKM dan berbincang dengan para UMKM.

Berita Lainnya
PDAM bdg NOPEMBER Perumahan pa sep iKLANBREBES 1 bawah 4