background img
bank bjb 1
Bupati Garut H. Rudy Gunawan Ingatkan Camat dan Desa untuk tetap Waspada

Terkait Pasar Malam Menjamur Dipelosok

Bupati Garut H. Rudy Gunawan Ingatkan Camat dan Desa untuk tetap Waspada

GARUT, - Bupati Garut H. Rudy Gunawan meminta jajaran kecamatan, dan Desa untuk memprioritaskan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, saat keberadaan pasar malam mulai menjamur seperti yang terlihat di kawasan Obyek Wisata Karang Papak, Kecamatan Cikelet, dan Kecamatan Cisompet.

"Tentu kita harus sadar, bagaimana pun pandemik COVID-19 ini belum berakhir, saya ingatkan camat dan Desa untuk tetap waspada," ujar Rudy, Minggu (13/09/2020).

Rudy Gunawan yang juga sebagai Ketua IV Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Garut, menyebut keberadaan pasar malam merupakan hal yang dilematis saat musim pandemi seperti ini, namun tak sedikit berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Selain itu, banyak masyarakat kesulitan ekonomi, memilih berdagang untuk keberlangsungan hidupnya. Namun di sisi lain, keberadaan pasar malam cukup membahayakan, terlebih minimnya pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan COVID-19.

Oleh karenanya, Rudy mengatakan tengah memikirkan cara agar perekonomian tetap hidup di tengah pandemik. "Salah satunya menjalankan protokol kesehatan. Saya akan minta camat dan Desa prioritaskan ini tanpa mengganggu perekonomian," ujar dia.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati dr. Helmi Budiman yang juga sebagai Wakil Ketua IV Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Garut, bahwa dengan adanya pasar malam ini sangat menghawatirkan kalau tidak ditunjang dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Ini sangat menghawatirkan, takutnya ada pengunjung yang terjangkit virus COVID-19, maka dengan berkerumun di tempat pasar malam ini semakin mudah penularannya, kalau protokol kesehatan COVID-19 tidak diterapkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Helmi, pihak kecamatan dan desa harus prioritaskan protokol kesehatan, selain itu perekonomian masyarakat harus tetap hidup dengan adanya pasar malam.

"Pasar malam tetap berjalan sebelum ada cara yang tepat demi kelangsungan perekonomian masyarakat, akan tetapi penerapan protokol kesehatan harus lebih diperketat, dan harus tetap waspada penyebaran virus," pungkasnya.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah