background img
bank bjb 1
Kamis Manis Ngobrol Bisnis Membangun Mental Positif Bagi Pengusaha

Peserta Kamis Manis Ngobrol Bisnis (Foto: Asep Ruslan)

Kadin Kota Bandung

Kamis Manis Ngobrol Bisnis Membangun Mental Positif Bagi Pengusaha

KOTA BANDUNG - Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung kembali gelar acara rutin Kamis Manis Ngobrol Bisnis, yang pada edisi kali ini mengangkat tema  “Membangun Mental Positif Bagi Pengusaha”, karena jika mental sebagai pengusaha tidak dipersiapakan dengan baik,  menyebabkan bisnis bisa menurun atau malah mati di tengah jalan. Acara yang diadakan dalan rangka Gerakan Ekonomi Bandung Bangkit (GEBB) dilaksanakan di Aula Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan diikuti 60 orang pelaku UMKM Mitra Binaan Kadin Kota Bandung dan Komunitas Paguyuban Siliwangi. Acara dipandu oleh Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung, Ridwan Kurniawan, menghadirkan narasumber: Gerry Achmad Sam (Pemberdayaan Masyarakat Terpadu/PESAT BJB), Eddy Juardi (Founder Rujak Mang Eddy) dan Bhakti Desta Alamsyah Komite Tetap Waralaba dan Kemitraan Kadin Kota Bandung/CEO BestBrand Indonesia).

DR. Elvin B. Sinaga. Ph.d bersama narasumber (Foto: Asep Ruslan)

Dalam sambutannya Wakil Ketua Bidang Perdaganagn Luar Negeri Kadin Kota Bandung, DR. Elvin B. Sinaga. Ph.d mewakili Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM. Menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran ketua Kadin Kota Bandung, dan ucapan terima kasih kepada Keynote Speaker, Narasumber dan semua peserta yang telah hadir dan berharap semua tetap semangat dan sehat walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Manajemen Kadin Kota Bandung selalu bersinergi dalam memajukan pengusaha di Kota Bandung, baik yang sudah menjadi anggota maupun yang belum menjadi anggota Kadin Kota Bandung.   Kehadiran peserta dan Narasumber juga semoga bersinergi dan menjadi bagian dalam upaya memulihkan kondisi perekonomian di Kota Bandung dalam berbagai aspek di  tengah pandemi covid-19. Kondisi covid-19 ini memunculkan kreativitas dan inovasi dan sinergi bagi pengusaha dan pemerintah,  jangan terpaku pada covid-19, tapi harus mencari celah-celah baru agar usaha tetap bisa bertahan, bahkan lebih meningkatkan lagi kualitas produk untuk mencoba merambah peluang eksport, kualitas ditingkatkan sesuai standart untuk ekspor, sehingga dapat menambah income bagi pengusaha dan pemerintah Daerah Kota Banudng.  Jika ada UMKM yang punya rencana mengekport produknya  Kadin Kota Bandung akan memfasilitas para pengusaha untuk eksport dan bisa megambil pengalaman empiris yang sudah dilakukan oleh Kadin Kota Bandung. Harapannya acara ini bisa memeberikan kecerahan bagi pengusaha di Kota Bandung. Dengan mengucapkan  Bismillahirormanirrohiim acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini dibuka secara resmi,” kata DR. Elvin B. Sinaga. P.hd. mewakili Ketua Kadin Kota Bandung.

Cucu Sutara dan Iwa Gartiwa (Foto: Asep Ruslan)

Ketua Umum Kadin Jawa Barat, Drs. Cucu Sutara, MM sebagai keynote speaker memberikan tips-tip kunci keberhasilan dalam menjalankan usaha. Menurutnya ada 7 point penting yang bisa dijalankan oleh para pengusaha, yaitu :

  1. Harus saling mendorong, saling membantu, saling menguatkan dalam usaha.  Saling membeli produk dari saudara, tetangga sendiri, artinya dari kita, untuk kita. Lebih mengetengahkan  persaudaraan bukan karena  nilai uangnya. Yang dalam islam disebut silaturahmi, berjejaring, networking.
  2. Jangan menganggap pengusaha lain adalah saingan/pesaing, tanamkan keyakinan bahwa kita bisa maju, kita harus mempunayi jiwa bersahabat untuk maju.
  3. Berinteraksi, bersinergi, berkolaborasi dan bekerjasama dengan sesama pengusaha
  4. Memanfaatkan setiap peluang untuk mengembangkan usaha
  5. Meberikan nilai tambah pada produk kita, misalnya memperbaiki kemasan.sehingga menambah nilai jual.
  6. Kuatkan tekad dan fokus pada tujuan usaha kita, manjadda wa jadda
  7. Merubah mindset/pola pikir, contohnya di saat pandemi covid ini, merubah ke marketing online

“Disampin itu ada 3 prinsif yang harus dimiliki oleh para pengsaha , yaitu : 1). MAU, ada kemauan dalam diri kita untuk berusaha, 2). TAHU, cari tahu apa yang harus dilakukan, agar usaha berhasil dan meminimalisi resiko kerugian, cari tahu kepada pengusah yang berhasil, belajar dari orang yang maju dan 3. MAMPU, yakinkan dalam diri kita bahwa kita pasti mampu yakinkan bahwa usaha kita bisa pasti maju,” tutur Ketua Umum Kadin Jabar.

Eddy Juardi Founder Rujak Mang Eddy sebagai success story, menceritakan perjalanan keberhasilan usahanya dari saat beliau mulai merintas usaha hingga bisa membuka beberapa diversifikasi bidang usaha yang membuat beliau cukup dikenal dan berhasil. Diantara rahasia sukses beliau disampaikannya adalah solusi agar usah tetap jalan walupun ditengah pandemo covid-19, yaitu tetp berpikir positp, cari informasi sebanyak mungkin dan istiqomah dalam beribadah.

Sebagai penutup Garry Achmad Sam dari Bank BJB menyampaikan produk pinjaman yang bisa diakses oleh UMKM, diantaranya berupa Kredit Mikro Utama, Kredit Usaha Kecil dan Menengah, Kredit Cinta Rakyat, BJB Mesra dan Skema Subsidi Resi Gudang.

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 Iklan Tegal 4
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal