background img
bank bjb 1
50 Pelaku UMKM di Garut Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Mandiri

50 Pelaku UMKM di Garut Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Mandiri

GARUT,- Para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kabupaten Garut mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Indomaret. Bentuk pelatihan ini salah satunya adalah pemberian inovasi packaging dengan maksud agar para pelaku UMKM bisa bertahan di masa pandemi Covid-19. Pelatihan diadakan di Aula Kantor Disperindag dan ESDM (Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral) Kabupaten Garut, diikuti 50 pelaku UMKM se Kabupaten Garut.

Development Manager PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), Oswaldz Samuel Nababan, mengatakan, pihaknya memfasilitasi pelaku UMKM yang selama ini banyak menemui kendala dalam menembus pasar.

"UMKM ini binaan dari pemerintah. Kami memfasilitasi mereka untuk diberi pelatihan. Kendalanya seperti sulit untuk menembus pasar ritel. Kami beri tahu caranya," ujar Oswaldz, di sela Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM "Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi Covid-19", Rabu (25/11/2020).

Dengan pelatihan itu, lanjut Oswaldz, semua pihak dari mulai pelaku UMKM, pemerintah, dan retailer akan terjembatani. Pihaknya memberi pengetahuan soal inovasi produk hingga packaging. "Kami pastikan semua yang terlibat dalam pelatihan ini, setelah pulang harus mempunyai pengalaman. Serta muncul gagasan inovasi," katanya.

Pelatihan ini didominasi oleh para pelaku UMKM di bidang kuliner. Selain itu, nantinya para pelaku UMKM yang terlibat dalam pelatihan akan terus mendapat bimbingan. Pihaknya tak ingin pelatihan hanya berakhir di ruangan akan tetapi harus tetap berkelanjutan agar usahanya semakin berkembang.

"Dominannya yang ikut pelatihan itu dari kuliner. Yang jelas, mereka akan terus kami bimbing dan pastikan program ini berkelanjutan," ucap Oswaldz.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengapresiasi langkah yang dilakukan Indomaret. Apalagi Indomaret juga memberikan bantuan mesin sealer kepada semua peserta pelatihan. "Mesin ini diperlukan dalam packaging produk. Tadi juga Indomaret memberikan bantuan dua gerobak yang tentu sangat membantu para (pelaku) UMKM," ujar Helmi.

Menurutnya, selama pandemi ini sejumlah usaha banyak yang terdampak. Maka diperlukan inovasi-inovasi agar UMKM ini bisa terus bertahan dan usahanya semakin berkembang. "Ini salah satu CSR Indomaret untuk bantu IKM dan UMKM untuk pelatihan. Ke depannya kami harap juga ada bantuan modal," pungkasnya.(spn/Garut)

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal