Satgas Covid-19 Kompak Pantau Prokes, Ibadah Natal di Kecamatan Bacip

Satgas Covid-19 Kompak Pantau Prokes, Ibadah Natal di Kecamatan Bacip Ismet spn

KOTA BANDUNG, - Dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan saat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, sekaligus untuk mencegah penularan covid-19, Tim Gabungan Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Babakan Ciparay (Bacip) memantau pelaksanaan protokol kesehatan sejumlah gereja.

Kegiatan ini telah dimulai sejak Kamis 24 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 mendatang. Kegiatan diawali apel persiapan di Polsek Bacip dipimpin Kapolsek Bacip, Kompol Anton Purwantoro DAN dilanjutkan arahan dari Camat Bacip, Momon Ahmad Imron serta Danramil Bacip, Kapten Arm Fery Rudi Tulas.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut jajaran Polsek Bacip, jajaran Kecamatan Bacip, jajaran Koramil, LPM, Forum RW, dan para anggota linmas di wilayah tersebut. Dalam arahannya, Kompol Anton menegaskan, dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) saat ini, penting untuk menjaga agar setiap kegiatan di Kota Bandung termasuk peribadatan menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 berjalan aman dan kondusif, sesuai aturan yang berlaku.

Hal senada disampaikan Camat Momon. Tim satgas berkewajiban memastikan setiap pelaksanaan kegiatan selama masa AKB berjalan kondusif sesuai aturan, antara lain terkait penerapan protokol kesehatan dan jam operasional.

"Tugas kita menegakkan aturan sesuai Perwal (AKB nomor 37 thn 2020), mudah mudahan kegiatan (peribadatan) dilaksanakan sesuai aturan. Selain itu kita ingin menciptakan rasa aman dan nyaman dalam beribadah. Kondusif dan masyarakat juga tetap sehat," tegas Momon.

Untuk itu, camat mengingatkan tim satgas bertindak tegas kepada masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, namun tetap dengan cara santun dan persuasif.

Sedangkan Danramil Bacip, Kapten Arm Fery Rudi Tulas juga mengingatkan hal yang sama. Ia yang baru saja dilantik, menilai Kota Bandung salah satu kota yang cukup aman dan kondusif, sehingga banyak orang betah tinggal di Kota Bandung termasuk dirinya.

Aman dan kondusif
Dari hasil pemantauan, meski pun Kota Bandung diguyur hujan yang cukup deras sejak sore hingga malam hari, namun pelaksanaan peribadatan relatif aman dan kondusif.

Salah satunya di Gereja HKBP Sumbersari, Kelurahan Babakan Ciparay. Pihak gereja sangat memperhatikan protokol kesehatan kepada jemaatnya. Begitu pula di Gereja Silih Asih, Kelurahan Sukahaji.

Lurah Babakan Ciparay, Tonny Sukmana menegaskan peninjauan protokol kesehatan di gereja dilakukan untuk mencegah potensi penularan Covid-19 yang lebih luas.

"Selain itu untuk memastikan pelaksanaan natal dan tahun baru di Kelurahan Bacip tetap kondusif, tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia pun berharap pelaksanaan natal dan tahun baru tetap kondusif. "Protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik oleh setiap tempat peribadatan baik gereja maupun tempat peribadatan lainnya, sehingga bisa mencehah penyebaran virus covid-19," harapnya.* 

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar