background img
BJB 2017
Tingkatkan Partisipasi KB, DP3KB dan BKKBN Jateng laksanakan Grebeg Pasar

Tingkatkan Partisipasi KB, DP3KB dan BKKBN Jateng laksanakan Grebeg Pasar

BREBES - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes pada Kamis (26/10) mengadakan kegiatan Gerakan Pemberdayaan Keluarga Pas Sasaran (Grebeg Pasar). Dalam kegiatan itu, tim dari DP3KB bersama dengan BKKBN Provinsi jawa Tengah menyambangi warga di pasar wilayah Brebes bagian selatan.

Usai kegiatan, Kepala Bidang Advokasi Penggerakan Informasi BKKBN Provinsi Jateng Agus Pujianto menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

"Diharapkan masyarakat itu bisa meningkatkan cakupan pelayanan KB. Kemudian yang sudah ikut KB bisa meningkatkan ke penggunaan MKJP,"katanya kepada Sinarpaginews.com.

Dikatakan, alasan kegiatan ini untuk menekan Angka kematian Ibu (AKI) yang masih tinggi di Kabupaten Brebes. Selain itu, kata dia, kegiatan ini berbasis komunitas salah satunya pasar.

"Karena MKJP itu angka kegagalannya tinggi terutama untuk pil suntik karena setiap hari atau tiap tiga bulan lupa meminumnya. Makanya diharapkan ibu-ibu di pasar mengikuti program KB, apalagi di Brebes AKI atau AKB masih tertinggi se Jateng,"terangnya.

Terbukti, tambah dia, ketika menyambangi pasar banyak masyarakat yang belum tahu MKJP. Namun ketika diberikan penjelasan, ternyata banyak ibu-ibu yang tertarik mengikuti MKJP.

"Makanya di puskesmas ini disiapkan 300 akseptor yang kita targetkan dari IUD dan implant,"katanya.

Kendati demikian, Agus menyebut angka partisipasi KB se Jateng sudah mencapai 80 persen. Namun, dia mengaku, dalam meingkatkan MKJP, menghadapi kendala seperti takut akan efek samping.

"Kan kadang-kadang masyarakat masih takut untuk menggunakan IUD dan implant juga merasa risih membuka aurat. Tetapi sebenarnya bisa diatasi karena sekarang pemasangan IUD dan implant dilakukan oleh bidan atau dokter obgyn perempuan,"tandasnya.(rbn)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL